Jumat 24 Mar 2023 08:51 WIB

BMKG Deteksi Sirkulasi Siklonik yang Pengaruhi Cuaca di 34 Kota Besar

Masyarakat diimbau mewaspadai hujan ringan hingga hujan disertai petir.

Warga melihat awan hujan di Pantai Padang, Sumatera Barat, Kamis (9/12/2021). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mendeteksi sirkulasi siklonik di sejumlah daerah yang mempengaruhi kondisi cuaca di 34 kota besar di Indonesia, Jumat (24/3/2023).
Foto:

Situasi itu mempengaruhi prakiraan cuaca 34 kota besar di Indonesia, di antaranya Kota Padang Pekanbaru dan Pangkalpinang diprakirakan hujan ringan. Sedangkan hujan dengan intensitas sedang diperkirakan terjadi di Kota Bengkulu, Palembang. Waspadai potensi hujan lebat di Kota Bandar Lampung, serta hujan disertai petir di Kota Banda Aceh dan Jambi.

Prakiraan cuaca di Pulau Jawa, Kota Serang berawan. Hujan dengan intensitas ringan diperkirakan terjadi di Kota Semarang dan Surabaya, sedangkan hujan sedang diperkirakan di Kota Jakarta dan Bandung. Masyarakat di Kota Yogyakarta perlu mewaspadai potensi hujan disertai petir.

Untuk wilayah Bali dan Nusa Tenggara diprakirakan hujan dengan intensitas ringan di kota Denpasar dan Mataram. Waspadai potensi hujan disertai petir di Kota Kupang.

Beralih ke Pulau Kalimantan, hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di Kota Palangkaraya, Tanjung Selor, dan Samarinda. Waspadai potensi hujan disertai petir di Kota Banjarmasin dan Pontianak.

Pulau Sulawesi berpeluang berawan, di kota Kendari. Hujan ringan diperkirakan terjadi di Kota Makassar, waspadai peluang hujan lebat di Palu, Gorontalo, Manado.

 

Wilayah timur Indonesia berpotensi hujan dengan intensitas ringan di Kota Manokwari dan hujan dengan intensitas sedang di Kota Ternate dan Ambon.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement