Selasa 21 Mar 2023 20:35 WIB

Sumbar Jadi Tuan Rumah World Islamic Entrepreneur Summit 2023

MICE ini bisa mendorong milenial entrepreneur dan industri pariwisata halal dunia.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Lida Puspaningtyas
Wisata Sumatera Barat (ilustrasi)
Foto: ANTARA/Aditya Pradana Putra
Wisata Sumatera Barat (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Provinsi Sumatra Barat secara resmi ditetapkan sebagai tuan rumah World Islamic Entrepreneur Summit atau WIES. Acara tersebut akan digelar pada 6-8 September 2023 mendatang.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, mengatakan penyelenggaraan WIES 2023 ini akan menjadi event Meeting Incentive Convention and Exhibition (MICE) andalan Indonesia pada tahun ini. Menurut Sandi, hadirnya perhelatan internasional WIES 2023 di Sumatera Barat, akan membuat Sumbar semakin dikenal luas di kancah mancanegara, khususnya di komunitas Muslim seluruh dunia.

"Saya ingin WIES ini makin luas dampaknya, Indonesia harus menjadi leader dalam pengembangan pariwisata Islam. Indonesia harus jadi episentrum entrepreneur muslim, yang mana itu ya di Sumbar," kata Sandiaga, Selasa (21/3/2023).

Sandi menilai Sumbar memiliki potensi pariwisata dan prioritas pembangunan di sektor pariwisata. Ia berharap gagasan ini menginisiasi lahirnya Global Muslimpreneur Forum yang merupakan asosiasi forum wirausaha muslim pertama di dunia yang nantinya berpusat di Sumatera Barat.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy, berharap kesempatan Sumbar menjadi tuan rumah World Islamic Entrepreneur Summit dapat mendorong milenial entrepreneur dan industri pariwisata halal dunia.

"WIES 2023 ini pasti akan membawa dampak ganda bagi ekonomi dan pariwisata Sumbar. Apalagi WIES 2023 ini berbarengan dengan pencanangan tahun kunjungan wisata ke Sumbar, West Sumatera 2023," ucap Audy.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement