Senin 20 Mar 2023 12:10 WIB

Sambut Ramadhan, Pasukan Oranye DLH DKI Bersihkan Masjid At-Tin

Semua pasukan oranye di wilayah masing-masing bertugas membersihkan masjid.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Erik Purnama Putra
Pasukan oranye menyambut bulan Ramadhan membersihkan Masjid At-Tin di Pinang Ranti, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur.
Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Pasukan oranye menyambut bulan Ramadhan membersihkan Masjid At-Tin di Pinang Ranti, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi DKI Jakarta turut menyambut bulan suci Ramadhan 1444 Hijriyah dengan melakukan giat bersih-bersih masjid dan mushola di wilayah tugasnya masing-masing. Salah satu masjid yang dilakukan giat bersih adalah Masjid At-Tin, Jakarta Timur yang ditinjau langsung oleh Kepala DLH DKI Asep Kuswanto.

Personel yang terlibat kerja bakti di lingkungan Masjid At-Tin adalah Unit Pengelola Sampah Badan Air (UPS BA) Kecamatan Makasar, Satuan Pelaksana Lingkungan Hidup Kecamatan Makasar, dan dibantu oleh Petugas Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan Pinang Ranti.

"Personel yang dikerahkan dalam kerja bakti di Masjid At-Tin pada Senin (20/3) sebanyak 60 personel dari UPS BA, 25 personel dari Satpel LH Kecamatan Makasar dan 10 personel dari PPSU Kelurahan Pinang Ranti," kata Asep di Jakarta pada Senin (20/3/2023).

Adapun kerja bakti tersebut dilakukan dengan membersihkan sekitar teras masjid, tempat parkir, area utama masjid dan area lainnya. Sehingga, nantina jamaah dapat nyaman saat menjalankan ibadah Tarawih hari pertama.

 

"Seluruh Suku Dinas tingkat Kota Administrasi dan Satuan Pelaksana Lingkungan Hidup di tiap Kecamatan telah diinstruksikan untuk mengantisipasi kebersihan lingkungan masjid dan titik keramaian di wilayah tugasnya masing-masing," kata Asep.

Selain di Masjid At-Tin, juga dilakukan kegiatan kerja bakti di wilayah lainnya baik di masjid maupun mushola. Misalnya kerja bakti di Masjid Ar-Rahman, Kelurahan Menteng Atas, Masjid Tangkuban Perahu di Kelurahan Guntur, Masjid Baiturrahim dan Masjid Jami’ Nurul Ain di Kecamatan Duren Sawit, serta Masjid Sunan Kalijaga di Kelurahan Bambu Apus.

Pun beberapa masjid lain juga tidak luput untuk dibersihkan. "Selain At-Tin, wilayah lain juga melakukan kerja bakti di masjid dan mushola masing-masing untuk menyambut Bulan Ramadhan," kata Asep.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement