Sabtu 18 Mar 2023 07:19 WIB

Polda Lampung Puji Satpam Gagalkan Aksi Perampokan Bank Arta Kedaton

Dua satpam dan seorang karyawan terkena luka tembak.

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Teguh Firmansyah
Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Zahwani Pandra Arsyad.
Foto: Dok Humas Polda Lampung
Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Zahwani Pandra Arsyad.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG – Kapolda Lampung Irjen Pol Achmad Wiyagus mengapresiasi satpam yang telah menggagalkan aksi perampokan uang Bank Arta Kedaton di Jl Laksamana Malahayati, Kangkung, Kecamatan Bumi Waras, Bandar Lampung, Jumat (17/3/2023). Polda masih mengembangkan kasus ini setelah seorang perampok diciduk.

Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad mengatakan, kapolda Lampung memberikan atensi khusus terhadap kasus perampokan ini. “Kapolda juga akan memberikan penghargaan kepada Satpam tersebut atas keberaniannya telah berhasil menggagalkan aksi perampokan,” kata Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad, Jumat (17/3/2023).

Baca Juga

Pandra mengatakan, aksi perampokan terjadi di Bank Arta Kedaton Nomor 139 Jl Laks Malahayati, Jumat (17/3/2023) sekira pukul 09.00. Tiga orang menjadi korban penembakan. Pertama Tito Alexander (36 tahun), satpam Bank Arta Kedaton yang juga warga Jagabaya, mengalami luka tembak di perut samping sebelah kiri.

Kedua, Kismanto (41), warga Kota Karang, mengalami luka tembak pada bagian perut kanan, dan tangan sebelah kanan. Ketiga, Hance Chandra (42), warga Perum Puri Hijau, mengalami luka tembak pada bagian dada kanan.

Pihak Bank Arta Kedaton telah melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Telukbetung Selatan. Polisi sudah melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP). Saat ini, ujar Pandra, kondisi di sekitar TKP sudah kondusif dan aktivitas warga sudah berjalan normal kembali. “Polisi masih memeriksa seorang pelaku yang ditangkap dan saksi-saksi lainnya,” kata Pandra.

Dari tangan pelaku, polisi menyita barang bukti satu unit motor Honda Vario warna merah, dua pucuk senjata api jenis sofgun, dan jenis revolver dan Glock. Pandar mengatakan, polisi masih mengembangkan kasus ini untuk mengetahui pelaku lainnya yang belum terungkap. “Mohon masyarakat bersabar, semoga peristiwa ini segera terungkap,” katanya.

Kronologi

Kronologis kejadian, kawanan perampok bersenjata api beraksi di Bank Arta Kedaton di Jl Laks Malahayati, Kelurahan Kangkung, Kecamatan Bumi Waras  Bandar Lampung, Jumat (17/3/2023) pukul 09.00. 

Satu pelaku bernama Heri Gunawan terjebak di dalam bank berhasil ditangkap, dan sempat dikeroyok pegawai bank. Pelaku bermotor lainnya melarikan diri. Para pelaku diduga menggunakan senpi air soft gun jenis revolver dan pistol glock.

Kismanto (41 tahun), satpam Bank Mayora, berhasil menggagalkan pelaku, namun ia mengalami luka tembak di bagian perut kanan dan tangan sebelah kanan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement