Rabu 15 Mar 2023 00:15 WIB

Indonesia Jadi Tamu Kehormatan Qatar International Food Festival

Indonesia mendapatkan stan khusus dari panitia untuk menyajikan aneka kuliner khasnya

Indonesia menjadi tamu kehormatan dalam ajang Qatar International Food Festival (QIFF) 2023, yaitu pameran kuliner dari berbagai negara yang diselenggarakan di Lusail Boulevard, Qatar, pada 11-21 Maret.
Foto: Republika/Kiki Sakinah
Indonesia menjadi tamu kehormatan dalam ajang Qatar International Food Festival (QIFF) 2023, yaitu pameran kuliner dari berbagai negara yang diselenggarakan di Lusail Boulevard, Qatar, pada 11-21 Maret.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia menjadi tamu kehormatan dalam ajang Qatar International Food Festival (QIFF) 2023, yaitu pameran kuliner dari berbagai negara yang diselenggarakan di Lusail Boulevard, Qatar, pada 11-21 Maret.

Dalam ajang tersebut, Indonesia mendatangkan Helianti Hilman, pendiri Javara Indonesia yang merupakan promotor terkemuka tentang keanekaragaman hayati pangan Indonesia, serta pendongeng kuliner dan peneliti pangan Ade Putri Paramadita.

Mereka berdua akan berkolaborasi dengan juru masak dari Qatar untuk menyajikan masakan Indonesia dengan sentuhan Qatar, demikian keterangan tertulis KBRI Doha, Selasa (14/3/2023)

Beberapa restoran Indonesia di Qatar seperti Tofu and Cake dan Mama Rozie turut membuka stan makanan selama pameran berlangsung. Selain itu, Indonesia mendapatkan stan khusus dari panitia untuk menyajikan aneka kuliner khasnya.

 

Dipilihnya Indonesia sebagai tamu kehormatan dalam festival kuliner tersebut tidak lepas dari status Indonesia dan Qatar yang saat ini sedang menggelar ajang Tahun Kebudayaan 2023.

Tahun Kebudayaan RI-Qatar akan berlangsung selama setahun dan diisi dengan berbagai program seperti pameran seni, pertunjukan budaya, residensi pelaku seni, beasiswa budaya, pameran kuliner, fesyen, dan sebagainya.

"Di tengah situasi dunia yang semakin dinamis saat ini, kita memerlukan kerja sama internasional yang lebih kuat, dan saya percaya budaya adalah alat yang ampuh," kata Duta Besar RI untuk Qatar Ridwan Hassan dalam pembukaan Tahun Kebudayaan RI-Qatar di Museum of Islamic Art pada Ahad (12/3/2023).

Sementara itu, Chairperson Qatar Museums Sheikha Al Mayassa binti Hamad al Thani mengatakan bahwa tahun kebudayaan kali ini istimewa karena diselenggarakan bersama Indonesia, negara yang disebutnya memiliki sejarah panjang dan keberagaman tradisi.

"Ini adalah modal yang kuat untuk kedua negara mengembangkan kerja sama yang lebih erat ke depan," kata Sheikha Al Mayassa, yang adalah adik dari Amir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad al Thani.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement