Kamis 09 Mar 2023 14:42 WIB

Pemkot Depok Tagih Janji BPTJ Lebarkan Jalan Raya Sawangan

Pemkot Depok menagih janji BPTJ yang berjanji memperlebar Jalan Raya Sawangan.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Bilal Ramadhan
Warga membantu mengatur lalu lintas kendaraan di Jalan Raya Sawangan, Depok, Jawa Barat. Pemkot Depok menagih janji BPTJ yang berjanji memperlebar Jalan Raya Sawangan.
Foto: Antara/Sigid Kurniawan
Warga membantu mengatur lalu lintas kendaraan di Jalan Raya Sawangan, Depok, Jawa Barat. Pemkot Depok menagih janji BPTJ yang berjanji memperlebar Jalan Raya Sawangan.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK – Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono meminta Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk merealisasikan janji proyek pelebaran Jalan Raya Sawangan. Proyek itu dibutuhkan untuk mengentaskan masalah kemacetan di sepanjang jalan tersebut.

Dia mengatakan, Pemkot Depok melalui Dinas Perhubungan (Dishub) telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) atau perjanjian kerja sama dengan BPJT terkait proyek ini. Dalam MoU tersebut, katanya, tertuang janji pelebaran jalan dari dan menuju pintu keluar tol Sawangan.

Baca Juga

"Untuk Jalan Raya Sawangan kita sama-sama berjuang, DPRD, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Depok, karena ada sebuah janji MoU dengan BPJT pemilik jalan tol," jelas Imam saat sidang paripurna di DPRD Kota Depok, dikutip dari situs informasi Pemkot Depok, Senin (6/3/2023).

Menurutnya, sudah hampir dua tahun MoU dilakukan, proyek tersebut belum juga direalisasikan. Janji pelebarannya dari pintu masuk dan keluar tol Sawangan, ke arah kiri ke perapatan Mampang dan ke arah kanan ke Parung Bingung akan dilebarkan.

"Namun, sudah hampir dua tahun sejak MoU tersebut ditandatangani janji tersebut belum dilaksanakan oleh mereka," ujarnya.

Dia mengeklaim pihaknya telah mencari solusi untuk mengatasi kemacetan di Jalan Raya Sawangan. Seperti dengan melebarkan jalan alternatif dari Cipayung menuju Pasir Putih.

"Karena Jalan Raya Sawangan merupakan Jalan Nasional, sulit bagi kita mengambil kebijakan, maka kami Pemkot Depok ingin mendapatkan dukungan dari seluruh anggota DPRD serta seluruh warga Kota Depok untuk bisa membuat jalan alternatif dari Cipayung menuju Pasir Putih," ungkap Bang Imam.

Dia juga mengatakan, jalur tersebut digunakan oleh masyarakat dari pusat Kota Depok untuk bisa sampai ke Sawangan. Imam kemudian meminta DPRD Depok untuk mendorong realisasi proyek ini.

Imam berharap proyek ini bisa direalisasikan pada tahun 2023 ini. "Mudah-mudahan di tahun 2023 ini bisa dilaksanakan dengan kebesaran hati para masyarakat pemilik bangunan yang ada di sekitar jalan tersebut," tuturnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement