Rabu 08 Mar 2023 11:24 WIB

Jokowi: Pesawat C-130J Super Hercules Sangat Canggih

Pesawat bisa mengangkut 98 pasukan dengan parasut atau 128 personel bukan penerjun.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Erik Purnama Putra
Pesawat C-130J Super Hercules yang didatangkan TNI Angkatan Udara tiba di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (6/3/2023).
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Pesawat C-130J Super Hercules yang didatangkan TNI Angkatan Udara tiba di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (6/3/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima satu unit pesawat C-130J Super Hercules A-1339 di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (8/3/2023). Sebelum menyaksikan acara penyerahan secara simbolis, Jokowi sempat masuk ke dalam bodi pesawat angkut tersebut.

Di lokasi, RI 1 tampak melihat-lihat ruang kemudi pesawat. Dia pun terkesan dengan daya angkut pesawat generasi terbaru Hercules tersebut. Jokowi mengatakan, pesawat yang diterima Indonesia tersebut merupakan pesawat yang sangat canggih.

"Pesawat C-130J-30 Super Hercules yang kita terima pada pagi hari ini adalah pesawat yang sangat canggih. Tadi saya sudah masuk, sudah dijelaskan. Bisa mengangkut pasukan yang pakai komplet dengan parasut, artinya penerjun, itu bisa mengangkut 98 (pasukan). Tapi kalau hanya pasukan bukan penerjun, bisa 128 pasukan," ujar Jokowi di Lanud Halim Perdanakusuma, Rabu.

Selain itu, pesawat Super Hercules bisa mengangkut beban hingga 19,9 ton. Artinya, kata Jokowi, pesawat tersebut sangat mendukung digunakan untuk operasi militer maupun nonmiliter, dan juga penanganan bencana alam. Pesawat transport itu juga mampu menjangkau seluruh wilayah di Indonesia karena mampu terbang selama 11 jam.

Jokowi mengatakan, Indonesia telah memesan lima pesawat Super Hercules C-130J. Pengiriman pesawat ke Indonesia akan dilakukan secara bertahap pada tahun ini hingga tahun depan. Setelah kedatangan satu unit pesawat pada Senin (6/3/2023), pesanan pesawat lainnya datang pada Juni 2023, Juli 2023, Oktober 2023, dan juga Januari 2024.

"Lima pesawat yang akan datang ke negara kita," ungkap Jokowi.

Sebelumnya, TNI AU telah menerima kedatangan pesawat Super Hercules C-130 J-30 di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (6/3) siang. Wakil Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU), Marsekal Madya (Marsdya) Agustinus Gustaf Brugman mengatakan, satu unit C-130J-30 Super Hercules ini merupakan satu dari lima pengadaan Kementerian Pertahanan (Kemenhan).

Kehadiran Super Hercules untuk menggantikan armada Hercules lama yang sudah waktunya pensiun. "Rencananya sampai akhir tahun akan datang empat pesawat dan di awal tahun 2024 akan ada satu pesawat. Jadi kita berkontrak pengadaan pesawat Hercules C-130J,” ujar Gustav dalam keterangan persnya di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement