Senin 06 Mar 2023 17:28 WIB

Inkubator Bisnis Universitas BSI Sukses Gelar Sosialisasi P2MW

P2MW merupakan program Universitas BSI untuk mahasiswa yang memiliki usaha

Inkubator Bisnis, Kampus Digital Kreatif Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sukses menggelar Sosialisasi Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) 2023. Kegiatan ini digelar secara daring melalui zoom, pada Senin (27/2/2023) silam.
Foto: Dok Universitas BSI
Inkubator Bisnis, Kampus Digital Kreatif Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sukses menggelar Sosialisasi Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) 2023. Kegiatan ini digelar secara daring melalui zoom, pada Senin (27/2/2023) silam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Inkubator Bisnis, Kampus Digital Kreatif Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) sukses menggelar Sosialisasi Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) 2023. Kegiatan ini digelar secara daring melalui zoom, pada Senin (27/2/2023) silam. 

Kegiatan ini meghadirkan dua narasumber, yakni Fuad Nur Hasan selaku Ketua Inkubator Bisnis sekaligus Kepala BSI Entrepreneur Center (BEC) dan Nurmasalasari selaku Koordinator BEC Universitas BSI kampus Pontianak. 

Fuad menjelaskan bahwa P2MW merupakan program pengembangan usaha mahasiswa yang telah memiliki usaha melalui bantuan dana pengembangan dan pembinaan dengan melakukan pendampingan serta pelatihan (coaching) usaha kepada mahasiswa peserta P2MW.

“Program ini diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi melalui Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Ditjen Diktiristek. Tujuan dari adanya sosialisasi ini yaitu agar mahasiswa Universitas BSI siap untuk mengikuti program P2MW 2023,” jelas Fuad dalam rilis yang diterima, Jumat (3/3/2023). 

Sementara itu, Nurmalasari menambahkan, manfaat dari P2MW 2023 adalah untuk meningkatkan jumlah mahasiswa dalam menjalankan wirausaha, penguatan pembinaan kewirausahaan di perguruan tinggi yang berprinsip pada pengembangan karakter inovatif, berdampak dan berkelanjutan, serta penguatan ekosistem kewirausahaan dengan melibatkan dunia usaha dunia industri (DUDI), komunitas, pemerintah maupun pemangku kepentingan lain. 

“Adapun syarat yang harus dimiliki mahasiswa agar bisa mengikuti P2MW adalah mahasiswa aktif yang terdiri dari 3 hingga 5 mahasiswa dalam 1 kelompok, memiliki satu tahapan usaha dan satu kategori usaha, produk yang diusulkan merupakan produk yang dikembangkan oleh mahasiswa, dan proposal usaha yang diusulkan tidak sedang menerima pendanaan dari sumber lainnya,” ujar Nurmalasari.

Lanjutnya, untuk timeline dan alur program dari mulai mulai registrasi, pengajuan, seleksi internal, seleksi eksternal hingga pendanaan. Adapun tanggal-tanggal penting yang harus diingat yaitu 20-21 Februari Sosialisasi Program, 2-4 Maret Workshop dan Bimbingan Teknis, 21 Maret (Pukul 23.59) Batas Akhir Pengusulan PT ke Direktorat Belmawa, Maret-April Seleksi di Direktorat Belmawa, Minggu ke-3 April Pengumuman Peserta, Mei – Oktober Pelaksanaan Program, Oktober Pelaporan Akhir, Oktober KMI Expo.

“Semoga dengan adanya sosialiasi ini, banyak mahasiswa Universitas BSI yang siap mengikuti dan terpilih dalam program P2MW 2023 ini,” tuturnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement