Kamis 02 Mar 2023 22:24 WIB

BPIP Ajak Pemkab Sleman Kerja Sama Penyusunan Materi Pembinaan Pancasila untuk ASN

Rencananya akan dibuat konten audio visual terkait ASN dan Pancasila dalam tindakan

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Gita Amanda
Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menggelar audiensi dengan Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, Kamis (2/3).
Foto: Republika/Febrianto Adi Saputro
Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menggelar audiensi dengan Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, Kamis (2/3).

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Direktur Pengkajian Materi Pembinaan Ideologi Pancasila Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Aris Heru Utomo, melakukan audiensi dengan Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, di Kantor Bupati Sleman, Kamis (2/3/2023). Aris mengatakan kunjungannya kali ini dalam rangka penyusunan materi pembinaan Pancasila.

"Salah satu tugas utama direktorat pengkajian materi salah satunya melakukan penyusunan standar materi dan metode pembinaan ideologi Pancasila," kata Aris, kepada wartawan, Kamis (2/3).

Baca Juga

Aris menyebut selama dua tahun ini dirinya telah menyelesaikan terkait materi pembinaan ideologi Pancasila, untuk TNI, Polri, kepala daerah dan hakim. Bahkan di tahun 2022 lalu materi tersebut juga telah ditransformasikan ke dalam audio visual.

"Kemarin hakim kita luncurkan bareng-bareng bersama ketua Mahkamah Agung dan beberapa pengadilan di beberapa daerah kita nonton bareng itu sudah kita launching, responnya Alhamdulilah baik. Untuk TNI juga selesai, dalam waktu dekat akan kami launching," terangnya.

BPIP juga telah membuat materi pembinaan Pancasila untuk Aparatur Sipil Negara (ASN). Aris mengatakan dalam waktu dekat rencananya materi tersebut juga akan dibuat konten audio visual terkait ASN dan Pancasila dalam tindakan.

"Jadi materi yang sudah kita buat tahun lalu dalam bentuk buku, bisa diterjemahkan dalam materi audio visual yang nantinya diharapkan menjadi teladan bagi para ASN," tuturnya.

"Kami sangat berharap masukan dari ibu bupati dan jajarannya temen-temen di Sleman, terkait bagaimana sosok Sleman nanti bisa menginspirasi ASN-ASN lainnya bukan hanya di kota-kota besar tapi di daerah-daerah," imbuhnya.

photo
Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menggelar audiensi dengan Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, Kamis (2/3). - (Republika/Febrianto Adi Saputro)

Bupati Sleman, menyambut baik ajakan kerja sama tersebut. Kustini menegaskan siap bekerja sama dalam rangka untuk mewujudkan ASN di Sleman yang berpegang teguh pada ideologi Pancasila.

"Kami siap dalam rangka bekerja sama dalam rangka untuk mewujudkan ASN ASN yang ada di Sleman untuk tetap sesuai dengan koridor yang ada tapi tetep Pancasila," ucapnya.

"ASN di Sleman tetap jiwa pancasila dan kita dukung semua program-program pemerintah yang ada," tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement