Kamis 02 Mar 2023 10:06 WIB

Dinsos Kabupaten Tangerang Urus Bayi yang Dibuang di Perumahan

Dinsos Kabupaten Tangerang mengurus bayi yang ditemukan warga di areal perumahan.

Rep: RR Laeny Sulistyawati/ Red: Bilal Ramadhan
Bayi yang diduga dibuang orang tuanya (ilustrasi). Dinsos Kabupaten Tangerang mengurus bayi yang ditemukan warga di areal perumahan.
Foto: Antara
Bayi yang diduga dibuang orang tuanya (ilustrasi). Dinsos Kabupaten Tangerang mengurus bayi yang ditemukan warga di areal perumahan.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Tangerang mengurus seorang bayi yang ditemukan warga di Perumahan Taman Adiyasa Desa Cikasungka, Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang, Banten.

Saat ditemukan, bayi tersebut dalam keadaan sehat lalu diserahkan ke pihak pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) Cikuya untuk pemeriksaan kesehatan. 

Baca Juga

Kepala Dinsos Kabupaten Tangerang Aziz Gunawan, mengatakan, bayi selanjutnya akan dibuatkan dokumen identitas serta surat keterangan (SK) pengasuhan.

"Nantinya kita akan buatkan identitas seperti nomor induk kependudukan (NIK), KTA, kartu keluarga (KK), dan juga akte kelahiran. Selain itu, kami juga akan urus SK pengasuhan untuk bayi tersebut dan selanjutnya kami akan mencari orang tua alternatif atau adopsi," kata Aziz saat dilakukan penyerahan bayi di Puskesmas Cikuya, seperti keterangannya yang diterima Republika, Kamis (2/3/2023) 

 

Sebelumnya, saat ditemukan, bayi laki-laki tersebut telah diserahkan ke Puskesmas Cikuya untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan lebih lanjut oleh pihak puskesmas serta dilakukannya proses penyidikan oleh Polsek Cisoka.

"Bayi dinyatakan sehat oleh pihak puskesmas. Namun, hingga kini belum diketahui keluarga atau pembuang bayi tersebut," ujarnya.

Perlu diketahui, pihak Puskesmas menyerahkan bayi tersebut ke pihak Dinsos. Penyerahan bayi tersebut diterima langsung oleh Kepala Dinsos Kabupaten Tangerang, Aziz Gunawan dan dihadiri oleh JFT Peksos Muda Dinas Sosial, Kasubag TU UPTD Puskesmas Cikuya, Kapospol Adiyasa IPTU Sudrajat serta Penyidik Reskrim Polsek Cisoka AIPDA Joko Supando. Bayi tersebut diserahkan kepada Dinsos Kabupaten Tangerang untuk penanganan lebih lanjut.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement