Selasa 28 Feb 2023 11:48 WIB

Giring PSI Sumbang Rp 50 Juta untuk Korban Gempa Turki

Giring dan Isyana menyerahkan donasi kepada Dubes Turki Omer Orhun Celikkol.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Erik Purnama Putra
Ketua Umum DPP PSI Giring Ganesha Djumaryo dan Ketua DPP PSI Isyana Bagoes Oka menyerahkan bantuan gempa Turki kepada Duta Besar Ad Interim Turki Omer Orhun Celikkol di Jakarta pada Senin (27/2/2022).
Foto: @TC_CakartaBE
Ketua Umum DPP PSI Giring Ganesha Djumaryo dan Ketua DPP PSI Isyana Bagoes Oka menyerahkan bantuan gempa Turki kepada Duta Besar Ad Interim Turki Omer Orhun Celikkol di Jakarta pada Senin (27/2/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Solidaritas Indonesia (PSI) memberikan donasi sebesar Rp 50 juta teruntuk korban gempa Turki. Bantuan tersebut disalurkan Ketua Umum DPP PSI Giring Ganesha Djumaryo dan Ketua DPP Isyana Bagoes Oka kepada Kedutaan Besar (Kedubes) Turki di Jakarta, yang diterima oleh Duta Besar Ad Interim Turki Omer Orhun Celikkol di Jakarta pada Senin (27/2/2022).

"PSI partai pertama yang ngasih donasi untuk korban gempa Turki," kata PSI di akun resmi Twitter @psi beserta foto-foto penerimaan Kedubes Turki, seperti dikutip di Republika.co.id di Jakarta pada Selasa (28/2/2023).

PSI mengatakan, dana tersebut diperoleh dari pengumpulan dana dari pengurus dan simpatisan partai. Sehari seusai knar gempa besar yang merenggut puluhan ribu nyawa itu, PSI langsung bergerak cepat menggalang donasi.

"PSI berharap pemulihan kondisi bisa segera dilakukan dan para korban yang cedera segera pulih serta mereka yang kehilangan rumah dapat cepat memperoleh gantinya," katanya.

 

Sementara itu Kedubes Turki untuk Indonesia menyampaikan apresiasi atas bantuan dari salah satu partai di Indonesia. Pihaknya menghargai kampanye donasi anggota muda PSI terhadap korban gempa Turki.

"Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan anggota mudanya atas kampanye donasi untuk korban gempa," tulis pernyataan Kedutaan Besar Turki di Jakarta melalui Twitter @TC_CakartaBE, seperti dikutip pada Selasa (28/2/2023).

Dalam foto yang disematkan dalam keterangan tersebut, Duta Besar Ad Interim Turki, Omer Orhun Celikkol menerima simbol bantuan tersebut dari perwakilan PSI Giring dan Isyana. Hingga Senin malam waktu setempat, korban tewas akibat gempa bumi paling kuat naik menjadi 44.128 di Turki.

Angka baru merangkum jumlah keseluruhan kematian di Turki dan negara tetangga Suriah menjadi lebih dari 50 ribu jiwa. Lebih dari 160 ribu bangunan berisi 520 ribu apartemen runtuh atau rusak parah di Turki akibat gempa pada 6 Februari lalu itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement