Jumat 24 Feb 2023 19:10 WIB

Qodari Yakin Dukungan Jokowi di Pilpres 2024 Jatuh ke Prabowo

Prabowo sering menemani Jokowi di berbagai acara.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Andri Saubani
Presiden Joko Widodo (kiri) saling memberi salam dengan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto (kanan). Pengamat politik, M Qodari yakin dukungan Jokowi di Pilpres 2024 akan jatuh ke Prabowo. (ilustrasi)
Foto: ANTARA/HO/Biro Pers Setpres/Lukas
Presiden Joko Widodo (kiri) saling memberi salam dengan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto (kanan). Pengamat politik, M Qodari yakin dukungan Jokowi di Pilpres 2024 akan jatuh ke Prabowo. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Eksekutif Indo Barometer, M. Qodari menilai bahwa endorsement politik yang dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk pemilihan presiden (Pilpres) 2024 tertuju Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto. Hal itu terlihat ketika Prabowo sering menemani Jokowi di berbagai acara.

"Misalnya ada acara olahraga itu Pak Prabowo mewakili Pak Jokowi, ini kan menarik beliau kan bukan Menpora beliau kan Menteri Pertahanan. Ini lebih tepatnya dibaca sebagai endorsement, ketimbang membaca nama-nama yang hadir di acara partai atau ormas," ujat Qodari lewat keterangannya, Jumat (24/2/2023).

Baca Juga

Lanjutnya, lebih penting diperhatikan adalah jika ingin mendapat suara dari Jokowi adalah sinyal dari sang calon. Pada titik ini, Prabowo-lah yang paling menunjukkan sinyalnya untuk maju sebagai calon presiden (capres).

"Prabowo memberikan sinyal kuat saya mau dukung Pak Jokowi. Kita lihat beberapa kali pidato Pak Prabowo sering memuji Pak Jokowi dengan keteguhannya keberaniannya," ujar Qodari.

 

"Termasuk yang paling terakhir Partai Gerindra menyatakan sangat jelas dan tegas akan didukung dilanjutkannya pembangunan IKN," sambungnya.

Ia pun memastikan dengan sinyal-sinyal seperti itu tentunya akan memberikan kode kepada pendukung Jokowi. Khususnya, dalam menunjukkan bahwa Prabowo akan melanjutkan pembangunan pemerintah Jokowi.

"Menurut saya ketimbang Pak Jokowi mending calon itu memberikan sinyal-sinyal atau kode, sehingga nantinya menentukan kemana suara Pak Jokowi akan memilih," ujar Qodari.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto menerima kunjungan Jokowi Mania (Joman), yang dipimpin oleh Immanuel Ebenezer. Ia mengaku berterima kasih kepada Joman yang akan mendeklarasikan Prabowo 08 sebagai bentuk dukungan terhadapnya di Pilpres 2024.

"Katanya kita dipengaruhi oleh orang-orang sekeliling kita. Kalau sekeliling kita patriot-patriot yang energik, yang gembira, yang optimis, kita jadi gembira dan kita jadi optimis," ujar Prabowo di kediamannya, Kamis (16/2/2023).

Prabowo sendiri telah menerima penjelasan dari Joman yang memutuskan untuk mendukungnya di Pilpres 2024. Katanya, kelompok yang dipimpin oleh Immanuel itu telah mempelajari tulisan-tulisannya.

"Mereka menyatakan telah mempelajari tulisan-tulisan saya, mempelajari pidato-pidato saya, dan menyatakan ingin mendukung saya untuk maju, meminta mandat dari rakyat Indonesia untuk meneruskan perjuangan Pak Jokowi," ujar Prabowo.

"Saya merasa sangat dihormati dan merasa sangat dibesarkan jiwa saya, moril saya, energi saya, saya merasa dengan dukungan mereka, saya tambah muda 23 tahun," sambung Menteri Pertahanan itu.

 

photo
Elektabilitasn Bakal Capres per Desember 2022 - (Infografis Republika)

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement