Jumat 24 Feb 2023 13:39 WIB

Yang Ditimbang PKS Sebelum Tentukan Bakal Cawapres untuk Anies

PKS sudah resmi mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai capres 2024.

Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menghadiri acara pembacaan hasil musyawarah majelis Syura VIII PKS di Kantor PKS, Jakarta, Kamis (23/2/2023). PKS resmi mendeklarasikan dukungan kepada Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden yang akan didukung di Pilpres 2024.
Foto:

Anies Baswedan mengatakan, saat ini Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan PKS fokus melakukan konsolidasi koalisi. Terkait sosok yang akan diusung menjadi cawapres, masih dalam pembahasan.

"Pembicaraan tentang cawapres masih berlangsung dan pada fase ini adalah fase penyusunan konsolidasi koalisi," ujar Anies di Kantor Majelis Dakwah (MD) PKS, Jakarta, Kamis (23/2).

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh juga menyebut bahwa Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) pantas menjadi cawapres Anies. Ia menanggapi, saat ini ketiga partai masih fokus dalam konsolidasi koalisi.

"Berjalan dulu proses konsolidasi untuk koalisi dan sambil kita pikirkan nama pasangannya," ujar Anies.

Sebagai parpol yang pertama kali mendeklarasikan Anies sebagai capres, Partai Nasdem pun terus mengintensifkan komunikasi politik ke parpol-parpol lain. Ketua DPP Partai Nasdem, Sugeng Suparwoto mengatakan, pembahasan tentang cawapres untuk Anies Baswedan sudah dilakukan dan nama-nama yang sudah dibahas, ia membenarkan, ada nama Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

"Ya berarti wartawan jeli lah ya," kata Sugeng ketika dikonfirmasi ada tidaknya nama Khofifah dalam pembahasan cawapres yang akan diusung Koalisi Perubahan, beberapa waktu lalu.

Sugeng menerangkan, Partai Demokrat sendiri sudah menyampaikan akan menyerahkan sepenuhnya pilihan cawapres nantinya kepada Anies Baswedan. Ia menekankan, dari Partai Demokrat tidak pula bersikeras agar AHY dipilih sebagai cawapres Anies.

Ia menuturkan, sejauh ini Partai Nasdem dan Partai Demokrat sendiri sudah dua kali melakukan pertemuan terkait Koalisi Perubahan. Namun, Sugeng menegaskan, pertemuan-pertemuan itu lebih membahas kondisi terkini bangsa dan negara.

Terkait masuknya nama Khofifah, Sugeng tidak mau berkomentar banyak. Tapi, ia mengingatkan, nama-nama yang muncul masih terus berproses. Sugeng mengungkapkan, setidaknya sudah tujuh nama tokoh-tokoh yang masuk pembahasan Koalisi Perubahan.

"Kurang lebih tujuh (nama) ya," ujar Sugeng usai ditanya berapa nama yang sudah masuk pembahasan Koalisi Perubahan terkait cawapres untuk Anies Baswedan nanti.

Hasil survei Center for Political Communication Studies (CPCS) menunjukkan elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan bersaing ketat selama setahun terakhir. Ada juga nama Prabowo Subianto yang berada di tiga besar elektabilitas tokoh.

Di urutan pertama elektabilitas Ganjar mencapai 25,6 persen, disusul Prabowo Subianto (22,7 persen) dan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (22,1 persen). Masih menurut survei CSPS, elektabilitas Anies mengalami peningkatan setahun terakhir.

"Ganjar tetap teratas dalam bursa capres, disusul oleh Prabowo yang di bayang-bayangi oleh Anies," ucap Direktur Eksekutif CPCS Tri Okta S.K. dalam hasil survei yang diterima di Jakarta, Kamis (23/2/2023).

Jika melihat tren dalam setahun terakhir, ujar Okta melanjutkan, persaingan ketat justru terjadi antara Ganjar dan Anies. Pada survei bulan Februari 2022, posisi keduanya hampir sama, di mana Anies unggul tipis, yakni mencapai 14,8 persen, sedangkan Ganjar 14,5 persen.

Menurut Okta, persaingan antara Ganjar dan Anies mencerminkan dua kecenderungan di tengah-tengah masyarakat. "Sebagian menginginkan kesinambungan dari program-program Jokowi, yang terwakili oleh figur Ganjar. Sebaliknya, ada segmen masyarakat yang tidak menyukai kepemimpinan Jokowi dan ingin perubahan, mereka terwakili oleh Anies yang juga kerap disebut-sebut sebagai antitesis Jokowi," tutur Okta.

Survei CPCS dilakukan pada 10-15 Februari 2023, dengan jumlah responden 1.200 orang mewakili 34 provinsi yang diwawancarai secara tatap muka. Metode survei adalah multistage random sampling, dengan margin of error kurang lebih 2,9 persen dan pada tingkat kepercayaan 95 persen.

 

photo
Manuver Surya Paloh antara Anies dan Jokowi. - (Republika/berbagai sumber)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement