Ahad 19 Feb 2023 18:15 WIB

'71,1 Persen Publik Mengetahui Jokowi Tunjukkan Dukungan untuk Prabowo dan Ganjar'

Dukungan Jokowi terhadap Prabowo jauh lebih disukai dibandingkan terhadap Ganjar.

Presiden Jokowi didampingi Menhan Prabowo mengunjungi para peserta Rapim Kemhan di Jakarta, Rabu (18/1).
Foto: Republika/zainur mahsir ramadhan
Presiden Jokowi didampingi Menhan Prabowo mengunjungi para peserta Rapim Kemhan di Jakarta, Rabu (18/1).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Lembaga Survei dan Polling Indonesia (SPIN) merilis survei bahwa sebagian besar publik mengetahui Presiden Joko Widodo menunjukkan dukungannya terhadap sosok Prabowo Subianto maupun Ganjar Pranowo.

"Sebagian besar publik atau 71,1 persen mengetahui dalam berbagai kesempatan Presiden Jokowi menunjukkan dukungannya, baik terhadap Prabowo maupun Ganjar. Hanya ada 24,7 persen publik yang mengaku tidak tahu," kata Direktur SPIN Igor Dirgantara, di Jakarta, Ahad (19/2/2023).

Baca Juga

Kemudian, kata dia, sebagian besar publik atau 68,7 persen mengaku menyukai dukungan Jokowi terhadap Prabowo dan hanya 17,7 persen publik yang tidak suka.

"Demikian pula untuk Ganjar, sebagian besar atau 45,5 persen suka dengan dukungan Jokowi terhadap Ganjar dan hanya 20,3 persen yang tidak suka," kata dia.

Namun, lanjut Igor, dukungan Jokowi terhadap Prabowo jauh lebih disukai responden dibandingkan terhadap Ganjar. Sebaliknya, ketidaksukaan terhadap Ganjar lebih tinggi sedikit dibandingkan Prabowo.

SPIN menggelar survei pada 3-13 Februari 2023 dengan total 1.230 responden. Kriteria responden, yakni penduduk berusia 17 tahun ke atas atau sudah pernah menikah.

Sebaran sampel tersebar di 34 provinsi dengan teknik sampel menggunakan multi-stage random sampling pada tingkat kepercayaan 95 persen. Margin of error sebesar plus minus 2,8 persen.

Teknik pengumpulan data menurut Igor dilakukan dengan wawancara langsung dan kontrol kualitas 10 persen dari sampel.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement