Rabu 15 Feb 2023 20:13 WIB

Cara Taklukkan 5 Tahap Pengembangan Karier

Tahapan pengembangan karier cukup penting agar lebih profesional

Mengetahui tahap pengembangan karier itu perlu, agar punya tujuan karier yang baik dan mimpi masa depan dapat tercapai. Jika sudah punya pekerjaan dan merasa nyaman dengan karier saat ini, namun jangan sampai terlena dan bertahan di zona nyaman itu.
Foto: UNM
Mengetahui tahap pengembangan karier itu perlu, agar punya tujuan karier yang baik dan mimpi masa depan dapat tercapai. Jika sudah punya pekerjaan dan merasa nyaman dengan karier saat ini, namun jangan sampai terlena dan bertahan di zona nyaman itu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mengetahui tahap pengembangan karier itu perlu, agar punya tujuan karier yang baik dan mimpi masa depan dapat tercapai. Jika sudah punya pekerjaan dan merasa nyaman dengan karier saat ini, namun jangan sampai terlena dan bertahan di zona nyaman itu.

Agar tidak stagnan dalam proses pengembangan karier, maka perlu tahu cara menaklukkannya. Berikut tips yang membantu untuk menaklukkan tahap pengembangan karier:

1. Tahap Eksploration

Tahapan pengembangan karier, eksploration berada pada usia 21 sampai dengan 25 tahun. Pada tahp eksploration biasanya belum mendapat pekerjaan tetap, sangat mungkin mereka masih dalam tahap pencarian atau menyelesaikan pendidikan. 

Tips sukses pada tahap eksploration yakni jelajahi jalur karier berbeda melalui internship, part-time, volunterring. Cari pelatihan atau kursus yang diperlukan untuk menunjang karier dan menjalin relasi lebih luas lagi.

2. Tahap Establishment

Tahap ini berada di rentang usia 25 hingga 35 tahuan. Biasanya di usia ini, mereka berada di tahap awal karier dengan tanggung-jawab yang relatif kecil. 

Tips sukses di tahap establishment yakni tingkatkan keterampilan lewat pelatihan atau pendidikan berkelanjutan, cari mentor dalam profesi, yang dapat meminta saran dan bimbingan dan kejar sertifikasi atau lisensi.

3. Tahap Mid-Career

Ciri tahap mid-career ditandai dengan stabilitas dan kemajuan karier yang baik. Di tahap ini mereka yang berusia dalam rentan 35 sampai 45 tahun sudah menunjukkan komitmen dan menerima tangungjawab yang lebih besar.

Tips untuk menaklukkan karier di tahap ini yakni coba konsultasi dengan pimpinan tentang peluang untuk bergerak maju, evaluasi kepuasan kerja, mendaftar untuk posisi internal dengan tantangan yang lebih besar dan mulai mencari pekerjaan untuk posisi yang sedang dibuka pada perusahaan lain.

4. Tahap Late-Career

Pengembangan karier pada tahap ini di rentan usia 45 hingga 65 tahun. Di posisi ini lebih sedikit peluang untuk mengalami kemajuan dan menikmati sebagai pembimbing karyawan yang lebih muda. Tips sukses menaklukkan tahapan ini yakni mengembangkan minat di luar pekerjaan, bergabunglah dengan klub seperti asosiasi, mempersiapkan pensiun, pertimbangkan untuk menawarkan keahlian.

5. Tahap Decline

Di tahap ini, bersiap untuk pensiun dan memilih untuk menikmati istirahat serta menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman-teman. Tips sukses menaklukkan tahap decline yakni dengan tetap melatih pikiran dengan kegiatan kesempatan belajar seumur hidup, melukis atau membaca, terus bersosialisasi dengan bertemu keluarga dan teman secara teratur dan terakhir berbagi pengetahuan melalui pengajaran di pusat komunitas atau perguruan tinggi.

Itulah 5 tahap dalam pengembangan karier dengan tips sukses menaklukkannya. Muhammad Faisal selaku kepala bagian Nusa Mandiri Career Center (NCC) mengatakan bahwa tahapan pengembangan karier cukup penting untuk diketahui agar kamu dapat menjaga karier secara profesional.

“Dari tips 5 tahapan karier ini, semoga kamu menemukan tujuan kehidupan karier yang baik dan bagus di masa depan,” tuturnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement