Senin 13 Feb 2023 12:05 WIB

Cisumdawu Akhir Bulan Ini akan Diresmikan, Ridwan Kamil Sebut Bisa Digunakan Mudik

Tol Cileunyi Sumedang Dawuan (Cisumdawu) akhir Februari ini akan diresmikan.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Gita Amanda
Foto udara kendaraan melintas di Simpang Susun Sumedang Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu), Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, (ilustrasi).
Foto: ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
Foto udara kendaraan melintas di Simpang Susun Sumedang Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu), Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Tol Cileunyi Sumedang Dawuan (Cisumdawu) akhir Februari ini akan diresmikan. Sehingga, bisa beroperasi secara keseluruhan saat mudik lebaran 2023 ini.

 

Baca Juga

Menurut Gubernur Jabar Ridwan Kamil, ia telah menelepon Menteri Pekerjaan Umum (PU). Targetnya, akhir Februari ini diresmikan jadi dipercepat.

 

"Cisumdawu, boleh dikutip menurut laporan Menteri PU, akhir Februari sudah bisa dioperasikan. Jadi berita optimisnya kemungkinan akhir Februari Cisumdawu akan beroperasi," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil, di Gedung Sate Senin (13/2/2023).

 

Namun, Emil mengaku pihaknya belum tahu tanggal pasti peresmian tersebut. "Tapi enggak nyebut tanggalnya ya karena kan sekarang tanggal 13 ya masih ada beberapa hari lagi di antara tanggal itu ada peresmian," katanya.

 

Saat ditanya apakah tol Cisumdawu bisa digunakan untuk mudik lebaran, Emil mengatakan bisa. "Kemarin Pak Menteri langsung inspeksi. Untuk mudik nanti bisa dipakai lebaran udah beres," katanya.

 

Penerbangan sebagian jamaah haji asal Jawa Barat dari Bandara Intenasional Kertajati, Majalengka pada Juni 2023 mendatang kemungkinan besar didukung oleh aksesibilitas yang mumpuni dengan beroperasi sepenuhnya Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan (Cisumdawu).

 

Untuk diketahui, tahun ini Bandara Internasional Kertajati ditunjuk sebagai salah satu embarkasi dan debarkasi sebagian jemaah haji Jabar khususnya dari wilayah Ciayumajakuning (Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Subang, dan Kabupaten Sumedang). Direncanakan mereka akan diterbangkan pada gelombang dua atau mulai Juni 2023 nanti dari Asrama Haji Indramayu ke Kertajati menuju Jeddah.

 

Sementara menurut Kepala Dinas Binas Marga dan Penataan Ruang Jabar Bambang Tirtoyuliono, berdasarkan informasi Kementerian PUPR pada saat memulai proyek pembangunan Jalan Tol Akses Patimban Tol Cisumdawu dapat difungsikan sebelum lebaran.

 

"Itu update terakhir yang kami peroleh, Cisumdawu dapat digunakan sepenuhnya hingga seksi 6 atau Dawuan sebelum lebaran nanti," katanya.

 

Bambang mengatakan, dengan dioperasikannya Tol Cisumdawu dapat semakin memperlancar mobilitas warga, terutama mendukung kegiatan Bandara Internasional Kertajati  yang menjadi embarkasi dan debarkasi haji 2023 ini

 

Sebelumnya, diberitakan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menargetkan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) Seksi 4 dan 5 sudah dapat berstatus fungsional pada akhir Februari 2023.

 

“Akhir Februari ditargetkan fungsional. Seksi 4 ini sudah bagus, nanti akan ada taman. Kalau ada bentang alam seperti batuan di lereng biarkan, diperkuat saja supaya unsur geologisnya terlihat,” kata Basuki dalam keterangan resminya.

 

Basuki didampingi Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian meninjau proses penyelesaian pembangunan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) di Jawa Barat.

 

Jalan tol yang sudah fungsional dapat menjadi jalan bebas hambatan darurat yang dibuka secara sementara untuk mendukung kelancaran arus lalu lintas kendaraan saat waktu tertentu dengan melihat kondisi dan pelaksanaan konstruksinya di lapangan.

 

Basuki juga terus mendorong Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) untuk mempercepat penyelesaian pembangunan Jalan Tol Cisumdawu, terutama di Seksi 4 Cimalaka - Legok (8,2 kilometer/km) dan Seksi 5A dan 5B Legok - Ujung Jaya (14,9 km).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement