Jumat 10 Feb 2023 18:31 WIB

Harga Bawang Merah di Lampung Capai Rp 40 Ribu per Kg

Harga bawang merah ini akan terus naik seiring dengan berkurangnya pasokan.

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Friska Yolandha
Harga bawang merah sudah mencapai Rp 40 ribu per kg di pasar tradisional Kota Bandar Lampung, Jumat (10/2/2023).
Foto: Republika/Lilis Sri Handayani
Harga bawang merah sudah mencapai Rp 40 ribu per kg di pasar tradisional Kota Bandar Lampung, Jumat (10/2/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Bulan Ramadhan 1444 H masih sebulan lagi, tetapi harga bawang merah sudah mencapai Rp 40 ribu per kg di pasar tradisional Kota Bandar Lampung, Jumat (10/2/2023). Harga bawang merah ini akan terus naik seiring dengan berkurangnya pasokan dan meningkatnya permintaan dari warga.

Kenaikan harga bawang merah sudah terjadi dua pekan sebelumnya secara simultan. Kenaikan berkisar Rp 1.000 sampai Rp 2.000 per kg. Namun kenaikan terjadi signifikan pada pekan kedua Februari 2023 sebesar 40 persen menjadi Rp 40 ribu per kg.

Baca Juga

“Biasanya harga bawang merah normal Rp 25 ribu sampai Rp 28 ribu per kg. Tapi, sekarang sudah naik terus menjadi Rp 40 ribu per kg,” kata Idawati (58 tahun), ibu rumah tangga yang berada di Kemiling, Bandar Lampung, Jumat.

Menurut dia, harga-harga bahan pokok yang mengalami kenaikan tinggi selain bawang merah juga cabai merah dan beras. Kenaikan harga bahan pokok mendekati bulan Ramadhan ini sangat memberatkan warga. “Sebab harga-harga akan naik lagi kalau tinggal seminggu lagi bulan puasa,” ujar ibu tiga anak ini.

Berdasarkan penelusuran di Pasar Pasir Gintung dan Pasar Tamin, Jumat (10/2/2023), harga cabai merah berkisar Rp 32 ribu sampai Rp 35 ribu per kg, harga normal hanya Rp 18 ribu sampai Rp 23 ribu per kg. Sedangkan harga beras kemasan kualitas medium dan premium naik berkisar Rp 500 sampai Rp 1.500 per kg.

Menurut Mulyadi, pedagang bahan pokok di Pasar Pasir Gintung, kenaikan harga bawang merah ini dikarenakan pasokan ke pedagang dari agen sudah berkurang. “Sedangkan permintaan bawang merah meningkat dari masyarakat. Mungkin banyak yang hajatan sebelum bulan puasa,” ujar Mulyadi.

Ia mengatakan, selain bawang merah, kenaikan terjadi pada cabai merah yang sekarang sudah menyentuh Rp 32 ribu per kg. Penyebab kenaikan cabai merah ini karena petani cabai di Lampung masih belum merata panen.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Bandar Lampung I Kadek Sumarta mengatakan, tim masih melakukan pengawasan terhadap kenaikan harga bawang merah di pasar tradisional untuk dilaporkan ke wali kota dalam mengambil kebijakan.

Sampai saat ini belum ada intervensi dari Pemkot Bandar Lampung terhadap kenaikan harga seperti bawang merah, cabai merah, dan beras. Saat ini, ujar dia, harga bawang merah berkisar Rp 32 ribu sampai Rp 40 ribu per kg. Ia mengatakan, belum terjadi panen raya bawang merah di Jawa. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement