Rabu 01 Feb 2023 14:30 WIB

Penyandang Disabilitas Dilatih HW Group Jadi Barista

Penyandang disabilitas dapat diarahkan menjadi orang-orang produktif.

Penyandang disabilitas latihan menjadi barista kopi
Foto: HW Group
Penyandang disabilitas latihan menjadi barista kopi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anak-anak penyandang disabilitas berkumpul di Jakarta pada Rabu (1/2/2023). Mereka dilatih membuat dan meracik kopi dengan andal. Kelak Bekal keterampilan itu akan membuat mereka mampu berwirausaha di masyarakat. Mereka menjadi orang berpenghasilan dan bahkan membuka lapangan kerja di masyarakat.

Pelatihan anak disablitas menjadi barista itu diselenggarakan oleh HW Group, perusahaan karya anak bangsa, yang bergerak pada sektor food & beverages. Perusahaan ini membuka sayapnya untuk merangkul anak-anak disabilitas. HW Group percaya setiap lapisan masyarakat berhak memiliki kesempatan yang sama, tak terkecuali para penyandang disabilitas. 

Berdasarkan keterangan yang diterima, perusahaan ini mengundang penyandang disabilitas bersama kitaoneus.asia untuk melakukan pelatihan pembuatan kopi dan mocktail yang dilaksanakan di salah satu outlet di Jakarta. 

Dalam pelatihan yang dihadiri puluhan anak disabilitas, Edho Zell, influencer sekaligus youtuber Indonesia terlihat aktif dalam kegiatan. Edho Zell terlihat membuat minuman yang dipandu langsung oleh Vikram, bar trainer HW Group. 

Edho Zell mengapresiasi kelas pelatihan yang diberikan HW Group. “Buat teman teman semua yang memiliki kemampuan khusus, hari ini ditambahkan keahliannya. Mudah-mudahan akan ada kesempatan baru di tempat ini dan bisa diaplikasikan di tempat lain,” ucap Edho.

Tertarik dengan pelatihan tersebut, seorang peserta dari kitaoneus.asia bertanya, “Apakah tuli bisa bekerja di HW Group?" merespons pertanyaan tersebut, Adhitiya W Wibawa selaku General Manager dari Human Capital & Facility Management HW Group menjawab, bahwa penyerapan tenaga kerja disabilitas sangat mungkin dilakukan.

HW Group bersama kitaoneus.asia sedang dalam proses bekerjasama dan akan memfasilitasi pelatihan dan membimbing setiap calon tenaga kerja disabilitas hingga dapat bekerja bersama HW. 

“Dengan dukungan ini kami berharap berkontribusi dalam meningkatkan ekonomi kerakyatan dan memperkaya sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas,”  ujar Adhitiya. 

Banyak pihak menghargai pelayanan dan fasilitas pelatihan yang diberikan kepada anak anak disabilitas. “Kami sangat senang dan bersyukur atas perhatian dari HW Group kepada anak anak disabilitas. Kami berharap kedepannya banyak kegiatan yang dapat dilaksanakan bersama untuk membangun teman - teman dengan disabilitas,” terangnya.

HW Group yang kerap disinggung dalam akun instagram Hotman Paris, memiliki puluhan outlet yang tersebar di beberapa daerah di Indonesia dan saat ini dalam proses pengembangan beberapa outlet baru.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement