Senin 30 Jan 2023 17:32 WIB

'Saling Serang' Elite PDIP-Nasdem Jelang Rabu Pon 1 Februari

Presiden Jokowi punya kebiasaan mengumumkan reshuffle kabinet pada Rabu Pon.

Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin pada rapat kabinet di Istana Kepresidenan, Senin (30/1/2023). Isu reshuffle Kabinet Indonesia Maju belakangan kembali berembus kencang lantaran Jokowi memiliki kebiasaan mengumumkan reshuffle pada Rabu Pon yang terdekat jatuh pada 1 Februari 2023.
Foto:

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDIP, Hasto Kristiyanto, kembali menyinggung kinerja Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo terkait impor beras. Menurutnya, hal itu sebagai contoh politik sisi gelap yang ada di Indonesia.

Hal itu disampaikan Hasto ketika menjawab pernyataan anak muda dalam acara bertajuk Ngobras (Ngobrol Bareng Sekjen DPP PDIP) di Kantor DPC PDIP Kota Bandung, Bandung, Jawa Barat, Jumat (27/1/2023).

Awalnya Hasto menceritakan bagaimana dirinya bisa tertarik terjun ke politik, padahal sudah ada stigma yang menyebut bahwa politik itu kotor atau negatif. Ia terinspirasi dari perjuangan Presiden RI pertama Soekarno. 

Hasto mengaku, pada awalnya ia sudah hidup dengan kecukupan lataran berkerja sebagai projek manajer di Badan Usaha Milik Negara atau BUMN. Namun justru memilih terjun ke politik dan masuk ke PDIP.

Adapun terkait reshuffle, Hasto menjelaskan, sebagai partai pendukung pemerintah, PDIP telah memberikan berbagai masukan kepada Jokowi. Namun, pihaknya belum bisa membeberkan nama-nama siapa saja yang terkait perombakan Kabinet Indonesia Maju karena hal tersebut berkaitan dengan masa depan seseorang.

"Tentu saja sebagai partai kami memberikan masukan, tapi terkait dengan nama, ada aspek-aspek teknis. Ini menyangkut masa depan seseorang. Kami mohon maaf tidak bisa menyampaikan," tambahnya.

Pada Ahad (29/1/2023), Presiden Jokowi kembali meminta agar semua pihak menunggu perombakan kabinet atau reshuffle yang akan dilakukannya. Santer beredar kabar, reshuffle yang dijanjikan Jokowi ini akan direalisasikan pada 1 Februari lusa di mana dalam kalender Jawa merupakan hari Rabu Pon.

“(1 Februari Rabu Pon), Masak? Rabu Pon, bener, ya nanti tunggu saja,” kata Jokowi singkat usai menghadiri kick off keketuaan ASEAN Indonesia 2023, di Jakarta, Ahad.

Jokowi diketahui dalam beberapa kesempatan melakukan reshuffle pada Rabu Pon. Sinyal reshuffle dari Jokowi ini sebelumnya sudah berulang kali disampaikan. Di beberapa kesempatan, jawaban Jokowi selalu sama, yakni meminta agar masyarakat bersabar menunggu perihal reshuffle ini.

Isu reshuffle ini semakin berembus kencang setelah PDIP mendesak agar kinerja menteri dari Partai Nasdem dievaluasi. Desakan itu tak lepas dari momentum setelah Nasdem mendeklarasikan bakal calon presiden Anies Baswedan.

Di Kabinet Indonesia Maju, ada tiga menteri dari Nasdem yang menjabat, yakni Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung hari ini buka suara soal isu reshuffle kabinet yang santer terdengar akan dilakukan pada Rabu (1/2) mendatang yang juga bertepatan dengan hari Rabu Pon dalam kalender Jawa. Menurut Pramono, pada Rabu sore mendatang, Presiden Jokowi dijadwalkan melakukan kunjungan kerja ke Bali.

“Saya enggak tahu. Rabu saya ndampingi Presiden ke Bali. Sore berangkat,” ujar Pramono di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (30/1/2023).

“Rabu sore pergi ke Bali. Sampai Kamis,” kata Pramono, menambahkan.

 

photo
Isyarat Reshuffle dari Jokowi - (Infografis Republika)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement