Rabu 18 Jan 2023 21:24 WIB

Satgas PPLN untuk Pengungsi Rohingya di Aceh Segera Dibentuk

Para pengungsi Rohingya di Ladong, Aceh Besar akan dipindahkan pada akhir bulan ini.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Nidia Zuraya
Pengungsi etnis Rohingya berbaris sebelum mendapatkan sarapan pagi di tempat pengungsian sementara yang disediakan oleh Pemerintah Daerah di Ladong, Aceh Besar, Senin (9/1/2023).
Foto: EPA-EFE/HOTLI SIMANJUNTAK
Pengungsi etnis Rohingya berbaris sebelum mendapatkan sarapan pagi di tempat pengungsian sementara yang disediakan oleh Pemerintah Daerah di Ladong, Aceh Besar, Senin (9/1/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, LHOKSEUMAWE – Kementerian Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam) RI pada Rabu (18/1/2023) mengunjungi lokasi pengungsian etnis Rohingya di Ladong, Kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar. Pihaknya sekaligus menggelar rapat koordinasi nasional (rakornas) membahas langkah selanjutnya untuk para pengungsi Rohingya di Aceh.

Bersama dengan organisasi internasional yang mengurus pengungsi serta Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) setempat, Kemenko Polhukam mendata para pengungsi Rohingya yang terdampar di Aceh. Nantinya data ini akan dijadikan dasar dalam membuat kebijakan untuk nasib para pengungsi selanjutnya.

Baca Juga

"Mudah-mudahan kita datang kesini bisa dapat data yang sebenarnya, sehingga bisa di ambil keputusan yang tepat. Setelah ini kita akan membawa hasil lapangan untuk dikomunikasikan ke kementerian terkait," ungkapnya melansir website Pemerintah, Portal Berita Info Publik.

“Mungkin masih akan ada lagi yang datang (Etnis Rohingya), kita tidak tahu, sehingga ini harus kita siapkan dengan benar supaya tidak terjadi yang tidak kita inginkan, misalnya, tragedi kemanusiaan," ujarnya melanjutkan.

Sementara itu, Koordinator Kontras Aceh Azharul Husna mengatakan, pertemuan Rakornas utamanya membahas terkait urgensi pembentukan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Pengungsi Luar Negeri (PPLN). Ia juga berharap pembentukan ini dapat segera direalisasikan mengingat bertambahnya para pengungsi etnis Rohingya yang tiba di Aceh.

"Pertemuan ini membicarakan terkait urgensi Satgas PPLN, draft-nya sudah ada, semoga segera direalisasikan," ujarnya kepada Republika, Rabu.

Ia mengatakan, para pengungsi di Ladong, Aceh Besar akan dipindahkan pada akhir bulan ini. Hingga kini sebagian para pengungsi etnis Rohingya berada di tempat penampungan sementara di  UPTD Dinas Sosial di Ladong. Saat ini para pengungsi etnis Rohingya berada di tiga lokasi di Aceh, yaitu Lhokseumawe di bekas kantor Imigrasi, di Pidie, Mina Jaya, dan Aceh Besar di Ladong.

"Ini sedang proses pendiskusian mau dibawa ke lokasi mana. Apa Pidie atau Aceh utara atau di split keduanya," ucapnya.

Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi mengatakan pekan lalu, bahwa terdapat 1.500 pengungsi Rohingya terdaftar di Indonesia. Menurutnya, masalah pengungsi Rohingya tidak akan dapat selesai jika akar masalah di Myanmar tidak selesai. Dalam gelombang tiga bulan terakhir ini, tercatat 644 etnis Rohingya tiba di Indonesia.

"Penyelesaian masalah Rohingya tidak mengalami kemajuan dan menjadi sulit dengan situasi di Myanmar sendiri saat ini," ujar Retno Marsudi dalam acara Pernyataan Pers Tahunan Menlu (PPTM) 2023 di Kemenlu, Rabu (11/1/2023).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement