Rabu 11 Jan 2023 21:42 WIB

Gubernur Kalsel dinobatkan Jadi Ketua Kerukunan Warga Banjar se-Dunia

Paman Birin berharap warga Banjar di banua orang agar terus menjaga solidaritas

Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) H Sahbirin Noor dinobatkan sebagai Ketua Umum Kerukunan Bubuhan (warga) Banjar seluruh dunia. (ilustrasi).
Foto: istimewa
Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) H Sahbirin Noor dinobatkan sebagai Ketua Umum Kerukunan Bubuhan (warga) Banjar seluruh dunia. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN -- Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) H Sahbirin Noor dinobatkan sebagai Ketua Umum Kerukunan Bubuhan (warga) Banjar seluruh dunia. Gubernur Kalsel menggantikan mantan Gubernur Kalsel sebelumnya, yakni, H Rudy Ariffin,Gubernur Kalsel periode 2005--2010 dan 2010--2015.

Rudy Ariffin menyatakan mengundurkan diri karena sudah sangat lama menjadi ketua atau sejak dibentuknya organisasi ini untuk tempat komunikasi dan silaturahmi warga Banjar yang ada di seluruh dunia. Ia menyampaikan agar ada regenerasi pemimpin baru menggantinya pada Kongres Budaya Banjar VI pada 13--15 Desember 2022 di Banjarmasin. Lalu, ia mengusulkan agar Ketua Umum Kerukunan Bubuhan Banjar pusat atau se-dunia dijabat pemimpin tertinggi di Kalsel atau gubernur, demikian seterusnya secara otomatis.

Baca Juga

Sebagai tindak lanjut instruksi itu, tim formatur pemilihan Ketua Umum Kerukunan Bubuhan Banjar (KKB) pusat yang dipimpin Irianto Lambri pun audensi Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor periode 2015--2020 dan 2021--2024.

Irianto, mantan Gubernur Kaltara, datang ke rumah dinas Gubernur Kalsel didampingi tim formatur lainnya, yakni, H Noor Alamsyah (Ketua KBB Jawa Timur), H Muhammad Arfani (Ketua KBB Kepulauan Riau) dan Taufik Arbain (Staf Khusus Gubernur Kalsel).

Ia menyatakan bahwa Gubernur Kalsel yang lebih akrab disapa "Paman Birin" itu bersedia menjadi Ketua Umum KKB pusat atau se-dunia selanjutnya. "Jadi beliau (Paman Birin) tadi meminta agar pelantikan sebelum tanggal 26 Januari atau sebelum Haul Guru Sekumpul," katanya.

Dengan momentum haul abah sekumpul atau KH Muhammad Zaini bin Abdul Gani tersebut masyarakat bubuhan Banjar dapat sekaligus berkumpul dan berziarah. "Jadi beliau ingin mengundang bubuhan banjar yang ada di Indonesia dan di luar negeri untuk berhadir agar bertemu dan berziarah," katanya.

Gubernur Kalsel dalam rilis resminya menyampaikan rasa terima kasih atas kepercayaan tim formatur KBB yang mempercayai dirinya menjadi ketua. Dia pun berharap, warga Banjar yang ada di banua orang agar terus menjaga solidaritas dan kerukunan bersama.

"Saya ucapkan terima kasih kepada semua, dan saya harap semua bubuhan Banjar bisa berhadir pada pengukuhan nanti dan mari kita bersama-sama berziarah serta berhaul pada abah Guru Sekumpul," demikian Sahbirin Noor

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement