Senin 02 Jan 2023 16:00 WIB

Diisukan Masuk PPP, Sandiaga Uno: Sampai Saat Ini Saya Masih Gerindra

Sandi sebut arahan dari Prabowo akan tetap jadi panduan.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Teguh Firmansyah
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat ditemui di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (20/12).
Foto: Republika/M Fauzi Ridwan
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat ditemui di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (20/12).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menanggapi isu yang menyebutkan ia akan bergabung dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Sandi pun menegaskan, hingga saat ini ia masih menjadi kader Partai Gerindra dan akan mengikuti arahan dari Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

“Saya berharap ini tentunya salah satu menjadi pelajaran politik kita bahwa fatsun politik kita harus genggam erat, saya diundang masuk ke Gerindra, saya bergabung, besar dan bernanung di bawah pimpinan Pak Prabowo. Dan arahan beliaulah yang akan menjadi panduan,” ujar Sandiaga di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (2/1/2023).

Baca Juga

Sandiaga juga menyampaikan, hubungannya dengan Partai Gerindra hingga saat ini masih baik dan harmonis. Selain itu, hubungannya dengan para pimpinan Gerindra pun disebutnya juga terjaga.

Sandiaga menilai, pernyataan Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad disampaikan untuk menanggapi beberapa kali pertemuannya dengan PPP.

“Ya pernyataan Pak Dasco mungkin sebagai tanggapan dari beberapa kali saya diundang oleh PPP. Kebetulan kami juga kami sangat dekat bermitra, tapi sampai saat ini saya masih menjadi anggota Gerindra, kader,” kata dia.

Sebelumnya, Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad memberikan tanggapannyaa terkait kabar bergabungnya Sandiaga Salahuddin Uno ke PPP. Jika benar, itu hak bagi Sandiaga untuk hengkang dari partainya.

“Bahwa kemudian yang bersangkutan mencalonkan diri sebagai capres atau cawapres itu silakan saja, namanya juga ada keinginan,” ujar Dasco di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (29/12).

Ia menjelaskan, Partai Gerindra sudah memutuskan akan mengusung Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) di Pilpres 2024. Sehingga ditegaskannya, Gerindra tak akan mengusung kader lain pada kontestasi nasional mendatang.

Sementara itu, Sekretaris Fraksi PPP DPR Achmad Baidowi membantah Sandiaga akan bergabung dengan Partai Persatuan Pembangunan PPP. “Tidak ada (keinginan Sandiaga bergabung dengan PPP),” ujar Baidowi saat dikonfirmasi, Rabu (28/12).

Ia menjelaskan, Sandiaga memang kerap diundang PPP sebagai pembicara dalam acara yang digelarnya di berbagai wilayah. Terkait pernyataan kesiapan Sandi untuk maju di pemilihan presiden (Pilpres) 2024, konteksnya merupakan sebagai kader Partai Gerindra, bukan PPP.

“Untuk Pemilu 2024 apakah jadi calon presiden lagi, sebagai kader partai dia siap-siap aja kalau dicalonkan partai, maksudnya (dari) Partai Gerindra,” ujar Baidowi.

“Kita tidak ada niat bajak-membajak itu, kita kan hanya untuk memastikan teman-teman di bawah undangnya beliau sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” sambungnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement