Senin 02 Jan 2023 11:43 WIB

PPKM Dicabut, Sandiaga Senang Target Wisman Bisa Dicapai

Dari target tersebut, kemungkinan besar setengahnya akan ada di Bali.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Ahmad Fikri Noor
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat ditemui di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (20/12/2022).
Foto: Republika/M Fauzi Ridwan
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat ditemui di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (20/12/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, keputusan pemerintah mencabut Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) akan berdampak positif terhadap kinerja di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Ini karena kegiatan dan mobilitas masyarakat termasuk wisatawan saat ini tidak lagi dibatasi.

Presiden Joko Widodo pada Jumat (30/12/2022) secara resmi telah mencabut pemberlakuan PPKM menyusul situasi pandemi Covid-19 di Indonesia yang sudah melandai. Sandiaga mengatakan, kebijakan itu tentu akan memberikan dampak positif yang sangat besar terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Kondisi ini akan semakin meningkatkan minat dan kepercayaan wisatawan, baik wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara untuk berwisata di dalam negeri. Terlebih, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif ditargetkan menghasilkan kinerja yang cukup tinggi pada tahun 2023.

"Dampak terhadap pariwisata akan sangat positif, akan sangat signifikan, sehingga kita semakin yakin target pencapaian wisatawan nusantara yang dua kali lipat mencapai 1,4 miliar pergerakan dan wisatawan mancanegara ke 7,4 juta wisman," ujarnya, Senin (2/1/2023). 

Ia menuturkan, dari target tersebut, kemungkinan besar setengahnya akan ada di Bali. Kendati demikian, Sandiaga mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada. Vaksinasi booster harus terus diperkuat dan penggunaan masker juga tetap diperhatikan terutama di ruangan tertutup serta kerumunan.

 

"Jadi tidak ada lagi pembatasan kegiatan masyarakat, mobilitas masyarakat, event akhir tahun bisa digelar, konser musik, juga kegiatan budaya atau kegiatan olahraga. Namun, jangan lupa kita harus tetap waspada, kita harus tetap tekankan kesiapsiagaan," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement