Ahad 01 Jan 2023 18:26 WIB

Lalu Lintas Cikampek-Jakarta Terpantau Padat Merayap 

Arus balik mulai tampak di ruas tol Cikampek-Jakarta

Foto udara kendaraan antre melintasi Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama, Karawang, Jawa Barat (ilustrasi). Arus balik mulai tampak di ruas tol Cikampek-Jakarta
Foto: ANTARA/M Ibnu Chazar
Foto udara kendaraan antre melintasi Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama, Karawang, Jawa Barat (ilustrasi). Arus balik mulai tampak di ruas tol Cikampek-Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Arus lalu lintas kendaraan dari arah Tol Cikampek menuju Jakarta tepatnya dari Kilometer 56 terpantau mulai ramai lancar pada Ahad (1/1/2023) sore.

Berdasarkan data Jasa Marga yang dihimpun di Kabupaten Purwakarta, Ahad, lalu lintas gardu masuk di Gerbang Tol Cikampek Utama berjumlah 18.288 (arah ke Palimanan). Sementara untuk kendaraan arah ke Jakarta (gardu keluar) terdata sebanyak 21.178.

Baca Juga

Lebih rinci, untuk shift satu (pukul 06.00 WIB hingga 14.00 WIB) lalu lintas gardu masuk arah ke Palimanan terdata sebanyak 12.782, dan shift dua (pukul 14.00 WIB hingga 21.00 WIB) sebanyak 5.506 kendaraan.

Kemudian, untuk lalu lintas gardu keluar atau arah ke Jakarta pada shift satu sebanyak 10.583kendaraan.

 

Masih dari data Jasa Marga, jumlah kendaraan lalu lintas gardu keluar atau arah ke Jakarta pada shift dua yakni sebanyak 10.595 unit kendaraan.

Sebagai pembanding peningkatan volume kendaraan pada Sabtu (31/12/2022)di tol yang sama, lalu lintas gardu masuk atau arah ke Palimanan berjumlah 13.300 (shift satu).

Untuk shift dua berjumlah 9.827 kendaraan. Kemudian untuk lalu lintas gardu keluar atau arah ke Jakarta shift satu tercatat sebanyak 9.134, dan shift dua berjumlah 16.051

Kendaraan yang melintas di Tol Cikampek arah Jakarta tidak hanya dipadati kendaraan pribadi, namun juga bus serta truk.

Sebelumnya, Plt Senior Manager Representative Offive 1 Jasa Marga Transjawa Tol Nouval M Rizky di GT, menyatakan Jika terjadi kepadatan kata dia, atas diskresi pihak kepolisian, Jasa Marga akan melakukan rekayasa lalu lintas dengan salah satunya memberlakukan contraflow di beberapa titik untuk mengurai kepadatan. Selain itu Jasa Marga menyiagakan personel tambahan untuk layanan lalu lintas dan layanan transaksi.

Nouval mengimbau Jika terdapat kejadian darurat di jalan tol, masyarakat dapat mengakses informasi lalu lintas terkini dan permintaan pelayanan lalu lintas jalan tol melalui One Call Center 24 Jam Jasa Marga Group di nomor 14080, Twitter @PTJASAMARGA serta aplikasi Travoy 4.0.1 untuk pengguna iOS dan Android.

Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan tol Transjawa untuk mempersiapkan diri sebelum memasuki perjalanan di jalan tol.

Pastikan diri dan kendaraan dalam kondisi prima, selalu mematuhi protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah saat berada di rest area, memastikan kecukupan BBM dan saldo uang elektronik, serta mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas di lapangan.     

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement