Sabtu 31 Dec 2022 17:58 WIB

Cuaca Hari Ini: BMKG Bali Peringatkan Potensi Angin Kencang Saat Akhir Tahun

Gelombang tinggi di laut dapat mencapai dua meter.

Wisman duduk di pantai Kuta, Bali, Indonesia, 27 Desember 2022. Cuaca Hari Ini: BMKG Bali Peringatkan Potensi Angin Kencang Saat Akhir Tahun
Foto: EPA-EFE/MADE NAGI
Wisman duduk di pantai Kuta, Bali, Indonesia, 27 Desember 2022. Cuaca Hari Ini: BMKG Bali Peringatkan Potensi Angin Kencang Saat Akhir Tahun

REPUBLIKA.CO.ID, BADUNG -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar memperingatkan warga potensi angin kencang di wilayah Provinsi Bali bagian utara dan selatan mulai akhir tahun, Sabtu, 31 Desember 2022 sampai 2 Januari 2023.

Oleh karena itu, BMKG mengimbau masyarakat yang beraktivitas di daerah tersebut agar waspada dan hati-hati terhadap dampak bencana yang mungkin terjadi. "BMKG mengimbau masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak bencana yang dapat ditimbulkan dari cuaca ekstrem seperti banjir, genangan air, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang, dan kilat/petir," kata Kepala BMKKG Wilayah III Denpasar Cahyo Nugroho dalam taklimat media, Sabtu (31/12/2022).

Baca Juga

Pihaknya juga mengimbau warga, terutama para wisatawan dan pelaku kegiatan usaha bahari agar mewaspadai potensi gelombang tinggi laut. Gelombang tinggi dapat mencapai dua meter.

Gelombang laut setinggi dua meter atau lebih itu diprediksi terjadi di Laut Bali, Selat Bali, Selat Badung, Selat Lombok, perairan selatan Bali, dan Samudera Hindia di bagian selatan Bali. Perinciannya, tinggi gelombang laut di perairan utara Bali diprediksi mencapai 0,75 meter-0,5 meter, kemudian di perairan selatan Bali 1-6 meter, di Selat Bali 0,75 meter- meter, dan di Selat Lombok 0,75-4 meter.

Sementara itu, untuk prediksi cuaca selama tiga hari ke depan, BMKG memprakirakan hujan ringan sampai dengan hujan lebat di sebagian besar wilayah Bali. "Angin umumnya bertiup dari arah barat ke utara dengan kecepatan berkisar antara 8-45 kilometer per jam," katanya.

Untuk kondisi cuaca pada Sabtu, BMKG melaporkan di sebagian besar wilayah Bali berawan dan berpotensi hujan ringan sampai dengan hujan lebat. "Suhu udara berkisar antara 22-31 derajat Celsius dengan kelembapan udara berkisar antara 70-95 persen. Angin umumnya bertiup dari arah barat ke barat laut dengan kecepatan berkisar antara 8-45 km per jam," katanya.

Cahyo menambahkan untuk situasi Sabtu, tinggi gelombang laut di perairan utara Bali berkisar 0,75-3 meter, di perairan selatan Bali 1,5 meter, di Selat Bali 0,75-3 meter, dan di Selat Lombok 0,75-3 meter. Bali menjadi salah satu tujuan wisata libur Natal dan akhir tahun bagi para pelancong dari dalam negeri dan luar negeri.

Gubernur Bali I Wayan Koster dalam laporan akhir tahunnya, Jumat (30/12/2022), menyebut sejak 28 Januari 2022 jumlah wisatawan domestik 3,9 juta orang, dan wisatawan mancanegara mencapai 2,3 juta orang. Sementara itu, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai pada pekan ini melaporkan sebanyak 280 ribu lebih warga negara asing (WNA) tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, pada periode 1?24 Desember 2022 untuk berlibur merayakan Hari Natal dan tahun baru di Pulau Dewata.

Dari puluhan ribu WNA itu, mayoritas wisatawan berasal dari Australia sebanyak 67.879 orang, kemudian Singapura 30.731 orang, India 27.876 orang, Malaysia 19.490 orang, dan Rusia 14.823 orang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement