Jumat 30 Dec 2022 17:01 WIB

Mempertanyakan Ketua KPU Bicara Soal Sistem Proporsional Tertutup Pemilu

Ketua KPU menyebut ada kemungkinan kembalinya sistem proporsional tertutup pemilu.

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari memberikan keterangan kepada wartawan, Jumat (30/12/2022). Hasyim mengklarifikasi pernyataannya soal kemungkinan Indonesia kembali ke sistem proporsional tertutup dalam Pemilu 2024. (ilustrasi)
Foto:

Sistem proporsional tertutup adalah sistem perwakilan berimbang di mana pemilih hanya dapat memilih partai politik secara keseluruhan dan tidak dapat memilih kandidat atau calon legislator. Dalam sistem ini, kandidat dipersiapkan langsung oleh partai politik.

Dalam sistem tersebut, masing-masing partai politik telah menentukan terlebih dahulu siapa yang akan memperoleh kursi yang dialokasikan kepada partai tersebut dalam pemilu. Sehingga, calon yang menempati urutan tertinggi dalam daftar ini cenderung selalu mendapat kursi di parlemen.

Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat, Andi Mallarangeng menegaskan bahwa sistem proporsional terbuka dalam pemilu menghasilkan anggota parlemen yang akuntabilitasnya kuat kepada rakyat. Sebab, ada penilaian rakyat terhadap kinerjanya sebagai wakil rakyat.

Hal tersebut berbeda dengan sistem proporsional tertutup. Di mana seseorang bisa terpilih dan terpilih kembali walau kinerjanya sebagai wakil rakyat tidak jelas, sebab partai politiklah yang memilih sosok yang akan menduduki kursi legislatif.

"Janganlah hak rakyat untuk memilih langsung wakilnya dikebiri dengan mundur ke sistem proporsional tertutup," ujar Andi lewat keterangannya, Jumat (30/12/2022).

Kembalinya ke sistem proporsional tertutup disebutnya sebagai bagian kemunduran demokrasi di Indonesia. Menurut Andi, hal tersebut semakin memprihatinkan ketika Ketua KPU Hasyim Asyari yang menggaungkan kemungkinan penggunaan sistem proporsional tertutup untuk Pemilu 2024.

Selama Orde Baru, sistem proporsional tertutup justru menghadirkan anggota-anggota parlemen yang tidak dikenal oleh rakyat. Mereka hanya memilih gambar partai dan siapa yang terpilih dasarnya adalah nomor urut yang ditentukan oleh partai politik.

"Yang muncul adalah kader-kader jenggot yang berakar ke atas, tidak mengakar ke rakyat. Oligarki partai merajalela dan hak rakyat untuk memilih langsung wakilnya dikebiri," ujar Andi.

"Kalau itu terjadi, yang akan tampil di DPR dan DPRD adalah para elit partai dan orang-orang yang jago cari muka kepada pimpinan partai, mereka bukanlah wakil rakyat yang sejati. Kalau benar kita kembali ke sistem proporsional tertutup, itu adalah kemunduran demokrasi di Indonesia," sambungnya menegaskan.

Ketua DPP Partai Golkar, Dave Akbarshah Fikarno Laksono menyatakan menolak penggunaan sistem proporsional tertutup untuk Pemilu 2024. Menurutnya, sistem proporsional terbuka masih sangat relevan untuk kontestasi nasional mendatang.

"Sementara di Pemilu era demokrasi, ini yang harus diutamakan adalah hak suara rakyat, suara rakyat adalah suara Tuhan," ujar Dave lewat keterangannya, Jumat (30/12/2022).

Sistem proporsional terbuka memberikan hak kepada masyarakat untuk menentukan siapa yang diinginkan untuk menjadi wakilnya di parlemen. Ini juga menjadi alat untuk masyarakat menilai atau menghukum wakil rakyat yang tidak bekerja dengan baik.

"Ini memberikan semua kesempatan yang sama agar dapat terpilih dan juga mewajibkan para anggota Legislatif bekerja dan dekat dengan rakyat. Jangan sampai kewajiban ini hilang hanya karena keinginan elite parpol yang ingin mengontrol pergerakan bangsa," ujar Dave.

Usulan penggunaan kembali sistem proporsional tertutup hanya akan memperkuat sistem oligarki di dalam partai politik. Serta, justru hanya akan memberikan kekuatan kepada partai politik untuk menentukan siapa yang mereka inginkan bukan yang masyarakat inginkan.

"Bila Indonesia kembali ke sistem proporsional tertutup maka ini adalah menghianati proses reformasi dan bahkan mencabut hak-hak yang sudah diberikan kepada rakyat untuk ditentukan oleh sekelompok elite yang akan menjalankan roda pemerintahan tanpa mendengar murni suara, kemauan, dan keinginan rakyat," ujar anggota Komisi I DPR itu.

Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto mengatakan, bahwa sistem proporsional terbuka yang ada selama ini justru menciptakan liberalisasi politik. Imbasnya, banyak partai politik yang hadir hanya untuk menjadi partai elektoral.

"Kemudian menciptakan dampak kapitalisasi politik, munculnya oligarki politik, kemudian persaingan bebas dengan segala cara," ujar Hasto dalam konferensi pers mengenai Refleksi Akhir Tahun 2022 dan Harapan Menuju 2023, Jumat.

"Sehingga sesuai dengan keputusan Kongres ke-V, sistem pemilu dengan proporsional tertutup sesuai dengan perintah konstitusi, karena peserta pemilu legislatif adalah partai politik," sambungnya.

Sistem proporsional tertutup disebutnya akan mendorong proses kaderisasi di partai politik. Salah satu hasilnya adalah mencegah berbagai bentuk liberalisasi politik dan selanjutnya memberikan insentif bagi peningkatan kinerja di DPR.

"Pada saat bersamaan karena ini (2024) adalah pemilu serentak antara pileg dengan pilpres, maka berbagai bentuk kecurangan bisa ditekan dan terpenting setelah berbagai persoalan ekonomi kita, biaya pemilu bisa jauh ditekan," ujar Hasto.

Kendati demikian, PDIP tegasnya mengikuti peraturan perundang-undangan yang ada. Mengingat sistem proporsional terbuka diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

Pihaknya disebut juga tidak akan mengajukan gugatan atau judicial review (JR) ke Mahkamah Konstitusi (MK) terkait sistem proporsional terbuka dalam UU Pemilu. Klaimnya, pengajuan gugatan tersebut tak bisa dilakukan oleh partai politik.

"PDI Perjuangan ini kan taat asas. Judicial review terkait dengan undang-undang tidak bisa dilakukan oleh partai. Sehingga partai tidak melakukan upaya judicial review, karena partai melalui alat kelengkapan partai di Fraksi PDI Perjuangan DPR RI itu menyusun undang-undang," ujar Hasto.

 

photo
17 Parpol Peserta Pemilu 2024 - (Infografis Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement