Jumat 23 Dec 2022 10:35 WIB

Jokowi: Harga Bahan Pangan Terkendali

Jokowi mengaku juga telah mengecek berbagai harga kebutuhan pangan di daerah lain.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Andi Nur Aminah
Warga berbelanja sembako  (ilustrasi)
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Warga berbelanja sembako (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan, harga berbagai kebutuhan bahan pangan masyarakat saat ini masih terkendali. Hal ini disampaikannya usai meninjau Pasar Cigombong, Kabupaten Bogor untuk mengecek berbagai harga bahan pangan menjelang libur Natal dan Tahun Baru.

“Saya dengan Pak Gubernur Pak Ridwan Kamil utamanya cek harga barang-barang menjelang Natal dan Tahun Baru. Saya kira masih semuanya terkendali,” kata Jokowi saat memberikan keterangan usai meninjau Pasar Cigombong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (23/12/2022).

Baca Juga

Namun demikian, ia menyebut ada dua bahan pangan yang mengalami kenaikan, yakni daging beku dan bawang merah. Untuk komoditas daging beku mengalami kenaikan dari Rp 85 ribu menjadi Rp 95 ribu, sedangkan untuk daging lokal harganya tak mengalami perubahan.

“Kemudian bawang merah naik Rp 2 ribu. Bawang putih turun dan telur juga turun. Jadi beberapa turun ada satu dua naik,” ujarnya.

Penurunan harga sejumlah barang kebutuhan pokok ini tak hanya terjadi di Pasar Cigombong, Kabupaten Bogor, namun juga secara nasional. Jokowi mengaku juga telah mengecek berbagai harga kebutuhan pangan di daerah-daerah lainnya.

“Kurang lebih sama, kita kan kemarin tidak hanya di sini saja masuk pasarnya, kurang lebih sama. Kurang lebih pasti sama,” kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, harga cabai pun saat ini mengalami penurunan yang sangat drastis yakni sekitar Rp 30 ribu dari biasanya harga di atas Rp 60 ribu. “Sangat baik menjelang Natal dan tahun baru mungkin agak-agak yang sedikit naik beras,” tambah Jokowi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement