Selasa 20 Dec 2022 06:18 WIB

Nataru, Jumlah Penumpang di Bandara Soekarno-Hatta Capai 1,38 Juta

AP II memastikan telah mematangkan berbagai kesiapan menyongsong momen Nataru.

Rep: Eva Rianti/ Red: Ilham Tirta
Petugas bandara memperbaiki layar informasi jadwal penerbangan internasional di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.
Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Petugas bandara memperbaiki layar informasi jadwal penerbangan internasional di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- PT Angkasa Pura (AP) II memprediksi jumlah penumpang di Bandara Soekarno-Hatta pada periode Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) mencapai 1,38 juta penumpang. Pihak AP II memastikan telah mematangkan berbagai kesiapan dalam menyongsong momen tersebut.

"Bandara Soekarno-Hatta menjadi bandara tersibuk selama angkutan Nataru dengan jumlah penumpang diperkirakan 1,38 juta penumpang dan pesawat sebanyak 10.052 penerbangan," kata Director of Operation AP II, Muhamad Wasid dalam siaran pers, Senin (19/12/2022).

Baca Juga

Periode Angkutan Natal dan Tahun Baru di bandara AP II diketahui berlangsung 19 Desember 2022 hingga 3 Januari 2023. Wasid menjelaskan, persiapan di Bandara Soekarno-Hatta di antaranya program penyeimbangan kapasitas terminal. "Dilakukan perpindahan operasional seluruh penerbangan internasional Lion Air Group dari Terminal 3 ke Terminal 2F mulai 16 Desember 2022 agar setiap terminal dapat optimal," katanya.

Dia melanjutkan, Bandara Soekarno-Hatta juga membuka lounge umrah temporer di area Garuda City Center (GCC) yang berlokasi dekat dengan Stasiun Kereta Bandara untuk mendukung Terminal 3 dalam mengakomodir peningkatan penumpang. Lounge umrah tersebut dilengkapi VIP room, reguler room, mushala, kafe dan kantin, sehingga dapat digunakan biro perjalanan umrah sebagai lokasi ruang tunggu bagi jamaah umrah.

"Lounge umrah GCC dibuka 18 Desember 2022 agar peningkatan penumpang di Terminal 3 saat peak season akhir tahun dapat tertangani dengan baik," katanya.

Director of Commercial and Service AP II, M Rizal Pahlevi menambahkan, sebagai upaya meningkatkan kepuasan penumpang saat peak season momen Nataru, Bandara Soekarno-Hatta menghadirkan thematic decoration dan thematic event.

"Berbagai event disiapkan di Bandara Soekarno-Hatta, yaitu choir, pertunjukan musik, Night Gala Tahun Baru hingga esport competition dan event khusus Hari Ibu pada 22 Desember. Kami ingin penumpang pesawat merasa nyaman saat peak season," ujarnya.

Selain itu, untuk menambah kenyamanan penumpang pesawat, AP II juga telah menata desain interior Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta dengan konsep Pintu Gerbang Indonesia di area departure gate domestic dan check in area domestic.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement