Senin 19 Dec 2022 18:36 WIB

Ketua DPR ke Panglima TNI Yudo: Semoga Minimum Essential Force Terealisasi

Puan mengharapkan Yudo membawa TNI terus mengayomi rakyat.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Ratna Puspita
Ketua DPR Puan Maharani
Foto: Republika/Prayogi.
Ketua DPR Puan Maharani

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani mengucapkan selamat atas dilantiknya Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI.

Ia juga memastikan DPR akan terus memberi dukungan demi kelancaran tugas-tugas TNI, termasuk dalam pemenuhan Minimum Essential Force (MEF) atau standar kekuatan pokok minimum TNI.

Baca Juga

"Semoga MEF renstra ketiga dapat terealisasi seperti yang ditargetkan demi kekuatan penjaga keutuhan NKRI," ujar Puan lewat keterangannya, Senin (19/12/2022).

Puan mengharapkan Yudo membawa TNI terus mengayomi rakyat di tengah tugas menjaga kedaulatan Indonesia. Laksamana Yudo juga diharapkan dapat terus menjaga soliditas TNI, baik untuk internal maupun sinergitas bersama Polri. 

Ia meyakini, TNI di bawah kepemimpinan Laksamana Yudo dapat memberikan pengabdian terbaiknya. "Laksamana Yudo kepada DPR telah memberi jaminan akan netralitas TNI. Kami berharap tidak ada persoalan politik yang berkaitan dengan TNI jelang dan saat pelaksanaan Pemilu 2024," ujar Puan.

Ia menambahkan agar Laksamana Yudo meneruskan program-program Panglima TNI terdahulu. Menurutnya, tongkat estafet Panglima TNI yang diberikan kepada Laksamana Yudo juga sepaket dengan program-program sebelumnya.

"Khususnya program dan kebijakan strategis unggulan yang dapat memperkuat kinerja TNI," ujar politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Yudo Margono menjadi Panglima TNI di Istana Negara, Jakarta, Senin (19/12/2022). Usai pelantikan, Jokowi memberi pesan khusus untuk Panglima TNI yang baru.

Dalam pesannya, Jokowi meminta Panglima TNI Yudo untuk terus menjaga kedaulatan NKRI dan juga persatuan dan kesatuan. “Ya, tadi baru saja telah kita lantik Laksamana TNI Yudo Margono samping saya sebagai Panglima TNI dan saya sudah pesankan kepadanya untuk pertama menjaga kedaulatan NKRI. Kedua menjaga persatuan dan kesatuan kita,” kata Jokowi dalam keterangannya, Senin (19/12/2022)

Selain itu, Presiden juga meminta Panglima TNI untuk mempertahankan dan meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada TNI. Menurut dia, tingkat kepercayaan masyarakat kepada TNI saat ini sudah paling tinggi.

“Kepercayaan ini harus dijaga terus dengan profesionalisme di tubuh TNI yang terus harus ditingkatkan,” ujarnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement