Jumat 16 Dec 2022 18:36 WIB

Reisa Ajak Masyarakat Segera Vaksinasi Booster Jelang Libur Nataru

Masyarakat agar mempersiapkan diri terhadap berbagai varian baru Covid-19.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Agus Yulianto
Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru Reisa Broto Asmoro.
Foto: ANTARA/Galih Pradipta
Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru Reisa Broto Asmoro.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Reisa Broto Asmoro mengajak masyarakat agar segera mendapatkan suntikan vaksinasi dosis ketiga atau booster menjelang libur Natal dan tahun baru. Vaksinasi Covid-19, kata dia, terbukti menurunkan risiko kesakitan dan kematian karena Covid-19.

“Bagi para lansia dan juga tenaga kesehatan kini sudah dapat diberikan kesempatan untuk melakukan booster kedua atau suntikan keempat vaksin Covid-19. Ingat, kita akan menghadapi liburan panjang, di mana aktivitas masyarakat akan meningkat,” kata Reisa saat memberikan keterangan pers di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (16/12).

Karena itu, untuk menghadapi liburan Natal dan tahun baru, dia pun meminta, masyarakat agar mempersiapkan diri terhadap berbagai varian baru Covid-19 dengan antibodi yang terbentuk oleh vaksin. Dia juga mengingatkan, antibodi yang terbentuk dalam tubuh pascavaksinasi membutuhkan waktu sekitar 2 minggu.

“Sebaiknya segeralah manfaatkan vaksin gratis dari pemerintah ini sesegera mungkin,” ucapnya.

Reisa melanjutkan, Surat Edaran Satgas No 24/2022 mengenai perjalanan dalam negeri hingga saat ini masih berlaku. Salah satu ketentuan surat edaran tersebut, yakni pelaku perjalanan dengan usia 18 tahun ke atas wajib telah mendapatkan vaksinasi dosis ketiga atau booster pertama untuk bisa melakukan perjalanan dalam negeri.

Hingga 15 Desember 2022, masyarakat yang telah menyelesaikan dosis lengkap sebanyak dua suntikan yakni 174.525.235 orang. Sedangkan yang sudah menyelesaikan vaksin suntikan ketiga atau booster pertama mencapai 67.777.641 orang.

Reisa mengatakan, merek vaksin yang digunakan untuk vaksinasi booster akan disesuaikan dengan ketersediaan vaksin di masing-masing lokasi.

“Tidak perlu khawatir, sudah ada panduan lengkapnya dan tentunya semua vaksin tersebut akan memberikan proteksi yang baik,” ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement