Senin 12 Dec 2022 16:12 WIB

Pemkot Jaktim Buat Embung untuk Antisipasi Banjir di Kecamatan Ciracas

Ada lahan seluas 8.000 m2 di Susukan yang nantinya akan bisa dibuat jadi embung.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Wali Kota Jakarta Timur, Muhammad Anwar.
Foto: Meiliza Laveda
Wali Kota Jakarta Timur, Muhammad Anwar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Kota Jakarta Timur (Pemkot Jaktim) membuat embung untuk mengantisipasi terjadinya banjir di wilayah RW 05 Kelurahan Susukan, Kecamatan Ciracas. Wali Kota Jaktim, Muhammad Anwar mengatakan, pihaknya telah menyiapkan lokasi seluas 8.000 meter persegi (m2) untuk pembangunan embung tersebut.

"Dari peninjauan di lingkungan ada lahan seluas 8.000 meter yang nantinya akan bisa dimanfaatkan sebagai embung dalam mengantisipasi banjir," kata Anwar di Jakarta, Senin (12/12/2022).

Anwar menilai, keberadaan embung itu nantinya akan berdampak baik bagi kehidupan masyarakat di RW 05 Susukan. Selain menjadi kantong resapan air saat musim hujan, juga nantinya dapat meningkatkan harmoni keasrian lingkungan warga.

Terlebih wilayah tersebut kerap langganan banjir saat musim hujan tiba sehingga mengganggu aktivitas masyarakat sekitar. "Kita akan segerakan berlapor kepada Pak Pj (Penjabat) Gubernur sehingga Dinas SDA (Sumber Daya Air) akan segera menindaklanjuti," ujar Anwar.

 

Ketua RW 05 Kelurahan Susukan, Sahadi mengaku, senang dengan adanya rencana pembuatan embung tersebut. Selain dapat mengedukasi dan memotivasi warganya dalam hidup bersih dan sehat juga sebagai ajang aspirasi bagi warganya.

"Kami senang dan langsung akan ditindaklanjuti, selain pintu air, pompa dan ke depan akan dibuatkan embung, semoga saja ini menjawab harapan warga agar tidak kembali banjir,' ujar Sahadi.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement