Selasa 06 Dec 2022 05:52 WIB

Bencana Longsor dan Banjir Terjang 16 Titik Kota Sukabumi

Petugas telah ditempatkan di lokasi bencana menyusul adanya laporan warga

Rep: riga nurul iman/ Red: Hiru Muhammad
Salah satu titik bencana di Kelurahan Karamat, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi akibat tingginya intensitas hujan, Senin (5/12/2022)
Foto: bpbd sukabumi
Salah satu titik bencana di Kelurahan Karamat, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi akibat tingginya intensitas hujan, Senin (5/12/2022)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Sebanyak 16 titik di Kota Sukabumi dilanda bencana banjir dan longsor pada Senin (5/12/2022) sore. Peristiwa tersebut terjadi karena tingginya intensitas hujan.

'' Laporan sementara ada 16 kejadian bencana baik banjir, longsor dan pohon tumbang,'' ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, Imran Whardani, Senin malam. Bencana tersebut terjadi di sejumlah wilayah yakni Kecamatan Warudoyong, Gunungpuyuh, dan Cikole.

Baca Juga

Bencana tersebut di antaranya pohon tumbang di RT02 RW 13 Perum Taman Asri Kelurahan Subangjaya, Cikole. Berikutnya banjir di RT 03 RW 07 Kelurahan Karamat, Gunungpuyuhz dan TPT longsor tergerus air dan banjir Situ Awi RT 04 RW 11 Kelurahan Karangtengah, Gunungpuyuh.

Selanjutnya banjir di RT 03 RW 06, Kelurahan Karamat, Gunungpuyuh dan jebolnya tanggul jalan dan pembatas jalan RW 08 Kelurahan Gunungpuyuh. Bencana lainnya yakni banjir di depan Dishub Kota Jalan Arif Rahman Hakim Kelurahan Benteng Warudoyong dan banjir luapan Jalan Cemerlang RT 01 RW 04 Kelurahan Sukakarya, Warudoyong.

 

Banjir juga dilaporkan di RT 03 RW 10 Kelurahan Benteng Warudoyong, longsor TPT Perumahan Dayuhara Residence Jalan karamat RT 02 RW 04, Karamat Gunungpuyuh, dan longsor di Ciseureh RT 05 RW 05 Karangtengah Gunungpuyuh serta banjir Jalan Karamat Cipada RT 05 RW 09 Karangtengah Gunungpuyuh.

Imran menuturkan, banjir juga terjadi RW 06 Kelurahan Karangtengah Babakan Garung Gunungpuyuh dan Kampung Situawi RW 11 Kelurahan Karangtengah. Selanjutnya cuaca ekstrem menyebabkan ampig rumah roboh milik ibu Cucu RT 03 RW 15, Cisarua Kecamatan Cikole, longsor Jalan Jendral Sudirman Benteng Warudoyong samping Bolu Amor, dan banjir RT 01 dan 02 RW Kelurahan Sukakarya Kecamatan Warudoyong.

Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Sukabumi Zulkarnain Barhami mengatakan, petugas telah diterjunkan ke sejumlah titik bencana. Hal ini sebagai respon atas laporan bencana dari wilayah.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement