Rabu 23 Nov 2022 19:09 WIB

KAI Operasikan Kereta Tambahan Natal-Tahun Baru dari Stasiun Malang

Ada tiga kereta api tambahan dari Stasiun Malang Kota Baru yang dioperasikan.

Pekerja mencuci gerbong kereta di Depo PT Kereta Api Indonesia, Stasiun Kotabaru, Malang, Jawa Timur. ilustrasi
Foto: Antara/Ari Bowo Sucipto
Pekerja mencuci gerbong kereta di Depo PT Kereta Api Indonesia, Stasiun Kotabaru, Malang, Jawa Timur. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 8 Surabaya menambah perjalanan kereta api untuk melayani masyarakat pada masa Angkutan Natal dan Tahun Baru 2023 dari Stasiun Malang Kota Batu.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif dalam keterangan tertulis di Kota Malang, Jawa Timur, Rabu (23/11/2022) mengatakan bahwa ada tiga kereta api tambahan dari Stasiun Malang Kota Baru yang dioperasikan pada masa angkutan Natal dan Tahun Baru.

Baca Juga

"Kereta api tambahan pada periode Angkutan Natal dan Tahun Baru ini, disediakan KAI agar pelanggan lebih leluasa dalam memilih jadwal keberangkatan dari jauh-jauh hari," kata Luqman.

Luqman menjelaskan, dari Stasiun Malang Kota Baru, dua kereta api tambahan tersebut adalah Kereta Api Gajayana Tambahan relasi Malang-Stasiun Gambir, Kereta Api Majapahit relasi Malang-Stasiun Pasar Senen dan Malioboro Ekspres relasi Malang-Yogyakarta.

Menurut dia, dengan adanya kereta api tambahan tersebut menunjukkan kesiapan PT KAI dalam menyediakan sarana transportasi bagi para pelanggan yang akan melakukan perjalanan pada masa angkutan Natal dan Tahun Baru.

"Ini juga merupakan wujud komitmen untuk melayani masyarakat sebaik-baiknya," ujarnya.

Ia menambahkan, dari tiga kereta api tambahan itu, ada sebanyak 33.120 kursi yang disiapkan oleh PT KAI pada masa angkutan Natal dan Tahun Baru 2023, atau secara rata-rata tambahan 1.840 kursi per hari. Sementara untuk perjalanan reguler, perhari tercatat sebanyak 3.902 kursi.

Kereta api tambahan tersebut, lanjutnya, selain dari Stasiun Malang Kota Baru, juga tersedia untuk relasi favorit sejumlah wilayah di Jawa Timur, seperti Surabaya-Jakarta, Semarang-Surabaya-Banyuwangi.

Kereta api tambahan dari wilayah Jawa Timur tersebut diantaranya adalah Kereta Api Arjuno Ekspres relasi Surabaya Gubeng-Malang dan Kereta Api Blambangan Ekspres relasi Ketapang-Surabaya Pasar Turi-Semarang Tawang.

Kemudian, Kereta Api Kertajaya Tambahan relasi Surabaya Pasar Turi-Pasar Senen, Kereta Api Sancaka Tambahan relasi Surabaya Gubeng-Yogyakarta dan Kereta Api Sembrani Tambahan Surabaya Pasar Turi-Gambir.

Secara keseluruhan, total tempat duduk yang disiapkan KAI Daop 8 selama Natal dan Tahun baru sebayak 608.928 tempat duduk, yang terdiri dari 518.484 kereta api reguler dan 90.444 tempat duduk pada kereta api tambahan, dengan rata-rata 33.829 tempat duduk per hari.

KAI mengoperasikan delapan Kereta Api Tambahan untuk periode keberangkatan 22 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023. Tiket Kereta api tambahan tersebut sudah dapat dipesan mulai 22 November 2022.

PT KAI berkomitmen menerapkan protokol kesehatan secara ketat guna mencegah penyebaran Covid-19. Untuk menggunakan kereta api jarak jauh, pelanggan berusia 18 tahun ke atas harus telah mendapatkan vaksin ketiga (booster) dan pelanggan usia 6-17 telah vaksin kedua.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement