Rabu 23 Nov 2022 05:27 WIB

Airlangga: Pemilu 2024 Momentum Wujudkan Kesejahteraan Sosial

Money politics tentunya bukan suatu yang baik untuk pemilu berkualitas.

Rep: Erik PP/Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto.
Foto: Dok pribadi
Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto menyampaikan, pemilu sejatinya bertujuan untuk menciptakan kesejahteraan rakyat. "Politik harus membawa kesejahteraan, dan kesejahteraan itu menjadi bagian penting dari pesta demokrasi," jelas Airlangga saat peluncuran acara 'Catatan Demokrasi' yang dipandu Karni Ilyas di Jakarta, Senin (21/11/2022) malam WIB.

Airlangga membedakannya dengan politik uang. Dia menilai money politics dalam pemilu bisa dihindari jika politik dan pesta demokrasi berkiblat pada penyiapan program kesejahteraan sosial oleh para peserta pemilu.

"Money politics tentunya bukan suatu yang baik untuk politik kewargaan dan pemilu berkualitas. Namun kita harus mampu menghadirkan strategi atau program menggerakkan kesejahteraan rakyat melalui pelaksanaan pemilu. Hal ini juga bisa kita lihat di berbagai negara demokrasi yang matang," ujar Airlangga.

Dia mencontohkan, program yang bisa dilakukan untuk mendorong kesejahteraan dalam perhelatan pemilu, antara lain adalah berbagai aktivitas sosialisasi atau kampanye. Hal itu bisa menggerakkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) maupun ekonomi rakyat secara riil.

Selain itu, Airlangga menekankan, pentingnya kebersamaan membangun bangsa, bahwa Indonesia tidak bisa dibangun oleh hanya satu atau dua partai. "Pemilu itu dibuat untuk kestabilan politik baru. Oleh karena itu, pendekatan Partai Golkar adalah membangun koalisi. Semakin banyak koalisi, semakin baik. Karena kita partai besar tidak mungkin mengatur negara sendirian," jelasnya.

Semangat kebersamaan itu disepakati oleh sejumlah pengurus partai lain yang hadir, yaitu Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Yudhoyono, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Presiden PKS Ahmad Syaikhu, Sekjen Nasdem Johnny G Plate, dan Wakil Ketua Umum Gerindra Habiburokhman.

Selain itu, Airlangga mengatakan akan terus mengintensifkan media dan penggalangan opini (MPO) Partai Golkar guna memenangkan Pemilu 2024. "Pertempuran udara adalah pertempuran media penggalangan opini dan ini memang baru bagi partai politik dan ini yang akan kita terus dorong, dan ini yang terus kita akan sosialisasikan dalam satu tahun ke depan," ujarmnya dalam penutupan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang MPO Partai Golkar di Jakarta, Selasa (22/11/20220.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement