Rabu 16 Nov 2022 05:48 WIB

Pemkot Bogor Lanjutkan Pembangunan Jalan Regional Ring Road

Bima Arya meninjau langsung pembangunan Jalan R3 sepanjang 200 meter.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Foto udara penutupan ruas Jalan Ring Road Regional (R3), Kota Bogor, Jawa Barat.
Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya
Foto udara penutupan ruas Jalan Ring Road Regional (R3), Kota Bogor, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melanjutkan kembali pembangunan Jalan Regional Ring Road (R3) sepanjang 200 meter di Jalan Raya Parung Banteng yang menghubungkan wilayah Kecamatan Bogor Utara dan Kecamatan Bogor Timur. Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto melakukan peninjauan di lokasi proyek pada Selasa (15/11/2022).

Bima melihat langsung proses dan progres pembangunan Jalan R3R3 di Parung Banteng. Dia ingin memastikan agar pekerjaan pembangunan berjalan dengan cepat dan memiliki kualitas yang baik. Didampingi Kepala Dinas PUPR Kota Bogor Chusnul Rozaqi, Camat Bogor Timur Rena Da Frina, dan Lurah Katulampa Eka Deri Rahmat Irawan, Bima mengamati desain pembangunan yang diperlihatkan kontraktor pelaksana.

Dia melihat kesesuaian desain dengan target waktu pengerjaan belum berjalan berjalan sesuai. "Saya minta dikebut, jaga kualitasnya, ditargetkan pertengahan Desember selesai," ucap Bima di Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa.

Selain memeriksa progres pembangunan jalan, Bima juga melakukan peninjauan kawasan Parung Banteng yang akan dilakukan penataan dan pembangunan turap. Pengerjaan pembangunan Jalan R3 di kawasan Parung Banteng tersebut menggunakan APBD Kota Bogor dengan nilai kontrak R p4,8 miliar sesuai yang tertera pada laman LPSE Kota Bogor. Proyek itu dikerjakan CV Haskar Persada.

Kepala Dinas PUPR Kota Bogor, Chusnul Rozaqi mengatakan, pembangunan lanjutan jalan R3 yang dikerjakan sepanjang 200 meter, selain membangun jalan utama, juga ada pembangunan TPT supel beton. Rencananya, pembangunan jalan R3 hingga keseluruhan di wilayah Katulampa ditargetkan rampung pada 2024.

Keberadaan jalan R3 bisa digunakan sebagai aksesibilitas masyarakat, dari wilayah kawasan Kecamatan Bogor Utara hingga ke kawasan Bogor Timur, yang berbatasan dengan Kabupaten Bogor di Jalan Raya Wangun. "Untuk R3 masih ada pembebasan lahan lagi. Jadi setelah pengerjaan ini selesai, tahun depan akan ada lagi lanjutannya. Pengerjaan R3 ini ujungnya sampai Wangun," ujarnya.

Sesuai rencana, jelas Chusnul, Jalan R3 terhubung dengan Jalan Bogor Inner Ring Road (BIRR) yang tersambung dengan Bogor Nirwana Residence (BNR). Sehingga ke depan, Jalan R3 yang yang bisa di akses dari simpang Jambu Dua di Jalan KS Tubun dan Jalan Pajajaran menuju Jalan Achmad Adnan Wijaya, Jalan Pandu Raya, Jalan Kol Ahmad Syam, Jalan Raya Parung Banteng hingga Wangun, juga terhubung hingga wilayah Kecamatan Bogor Selatan di kawasan BNR.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...

Apakah internet dan teknologi digital membantu Kamu dalam menjalankan bisnis UMKM?

  • Ya, Sangat Membantu.
  • Ya, Cukup Membantu
  • Tidak
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement