Selasa 15 Nov 2022 07:40 WIB

Jokowi Dorong Jepang Ikut Partisipasi Proyek Infrastruktur

Jokowi juga meminta dukungan Jepang memperluas akses pasar buah Indonesia.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Dwi Murdaningsih
Pekerja memasang spanduk sosialisasi pengalihan arus lalu lintas di Jalan Gajah Mada, Jakarta, Senin (14/11/2022). Simpang Gajah Mada Plaza atau persimpangan antara Jalan Gajah Mada, Jalan Hayam Wuruk, Jalan Sukarjo Wiryopranoto dan Jalan KH Zainul Arifin, ditutup karena ada pengerjaan konstruksi CP202 MRT Jakarta Fase 2A.  Republika/Putra M. Akbar
Foto: Republika
Pekerja memasang spanduk sosialisasi pengalihan arus lalu lintas di Jalan Gajah Mada, Jakarta, Senin (14/11/2022). Simpang Gajah Mada Plaza atau persimpangan antara Jalan Gajah Mada, Jalan Hayam Wuruk, Jalan Sukarjo Wiryopranoto dan Jalan KH Zainul Arifin, ditutup karena ada pengerjaan konstruksi CP202 MRT Jakarta Fase 2A. Republika/Putra M. Akbar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida di The Apurva Kempinski Bali, Senin (14/11/2022).

Dalam pertemuan itu, Jokowi meminta Jepang untuk mendorong penyelesaian proyek-proyek strategis infrastruktur, termasuk MRT Jakarta. Ia meminta dukungan Jepang agar bisa menyelesaikan proyek MRT tepat waktu.

“Saya harapkan dukungan Yang Mulia agar proyek MRT bisa selesai tepat waktu,” ucap Jokowi.

Baca Juga

Dikutip dari siaran pers Istana, Jokowi mengapresiasi penandatanganan nota kesepahaman kelanjutan MRT fase 1 dan kerja sama studi MRT fase 3 akhir Oktober lalu. Selain itu, Jokowi dan PM Kishida juga menjajaki peluang kerja sama konkrit di Indo Pasifik, termasuk kerja sama triangular Indonesia, Jepang, dan Pasifik.

“Saya mendorong implementasi konkret sinergi ASEAN Outlook on the Indo-Pacific (AOIP) dengan Free and Open Indo-Pacific (FOIP). Tahun depan, Indonesia juga akan mendorong engagement negara Pasifik dengan ASEAN. Indonesia juga ingin mengajak Jepang mempererat kerja sama dengan negara-negara di Pasifik,” jelas Jokowi.

Jokowi juga meminta dukungan Jepang untuk memperluas akses pasar buah-buahan tropis Indonesia. Hal ini disampaikan Jokowi saat melakukan “Kita mengharapkan dukungan Jepang bagi perluasan akses pasar buah-buah tropis Indonesia,” kata Jokowi dalam keterangan persnya yang diunggah melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden, dikutip pada Selasa (15/11/2022).

Dalam pertemuan bilateral ini, Jokowi menekankan pentingnya dukungan Jepang dalam menyukseskan Presidensi G20 Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement