Sabtu 29 Oct 2022 16:58 WIB

Pemkab Pangandaran Cari Solusi Permudah Aksesisbilitas Wisatawan

Lokasi Pangandaran yang jauh dari kota besar sering dikeluhkan para wisatawan.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Andi Nur Aminah
Gubernur Jabar Ridwan Kamil bersama Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata berkeliling Alun-Alun Pangbagea di Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran (ilustrasi)
Foto: Republika/Bayu Adji P.
Gubernur Jabar Ridwan Kamil bersama Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata berkeliling Alun-Alun Pangbagea di Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PANGANDARAN -- Kabupaten Pangandaran dikenal sebagai salah satu daerah tujuan wisatawan di Provinsi Jawa Barat (Jabar). Namun, lokasinya yang jauh dari kota besar sering dikeluhkan para wisatawan.

Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata, mengaku sering mendapat keluhan itu dari berbagai pihak. Sebab, untuk mencapai Kabupaten Pangandaran dari Jakarta misalnya, diperlukan waktu lebih dari tujuh jam.

Baca Juga

"Banyak yang bilang ke saya, Pangandaran itu indah, tapi dari Jakarta jauh. Tidak ada penerbangan ke Pangandaran," kata dia, Sabtu (29/10/2022).

Jeje mengatakan, saat ini pihaknya sedang berupaya untuk membuka penerbangan komersial di Bandara Nusawiru. Ia mengaku telah berkomunikasi dengan Gubernur Jabar untuk membuka bandara itu. "Namun, runway di sana perlu diperpanjang," ujar dia.

Selain itu, pihaknya juga masih mencari maskapai yang mau melayani penerbangan pesawat ATR ke Bandara Nusawiru. Penerbangan itu tak perlu harus tersedia setiap hari, tapi setidaknya setiap akhir pekan untuk melayani wisatawan yang ingin ke Pangandaran.

"Itu yang saya bicarakan dengan Gubernur. Dulu sebenarnya pernah disusun rencana itu, tapi keburu Covid-19," kata dia.

Jeje juga berharap pembangunan infrastruktur ke Jabar selatan dapat dengan cepat dilakukan oleh pemerintah pusat. Salah satunya adalah pembangunan jalan tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap.

Ia optimistis, apabila jalan tol sudah dibangun, kunjungan wisatawan ke Kabupaten Pangandaran akan makin meningkat. "Tahun ini saja, sampai September kunjungan sudah 3,5 juta orang. Kunjungan yang tinggi itu akan sangat berpengaruh meningkatkan kondisi perekonomian Pangandaran," kata dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement