Selasa 25 Oct 2022 21:47 WIB

UMKM Kota Tangerang Raup Omzet Ratusan Juta di Trade Expo Indonesia 2022

Adanya antusiasme yang tinggi terhadap produk-produk UMKM yang dijajakan.

Rep: eva rianti/ Red: Hiru Muhammad
Produk-produk UMKM dari Kota Tangerang dijajakan di Pameran TEI 2022.
Foto: humas pemkot tangerang
Produk-produk UMKM dari Kota Tangerang dijajakan di Pameran TEI 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG – Pameran Trade Expo Indonesia (TEI) telah rampung diadakan di ICE BSD, Tangerang pada 19—23 Oktober 2022. Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop UKM) Kota Tangerang menyampaikan, dalam pameran tersebut, usaha kecil, mikro, dan menengah (UMKM) Kota Tangerang meraup omzet mencapai hampir Rp200 juta.

Kepala Disperindagkop UKM Kota Tangerang, Suli Rosadi mengatakan, belasan UMKM dari Kota Tangerang menjajakan produk masing-masing di gelaran TEI 2022. Gelaran itu dinilai mencuri perhatian berbagai pembeli dari wilayah Indonesia maupun luar negeri.

Baca Juga

“Buyer luar negeri antara lain dari Malaysia, Belanda, Bangladesh, Nigeria, Lebanon, Australia, Yaman, Dubai, Amerika Serikat, Singapura, Jepang, dan Prancis. Alhamdulillah dari 15 produk UMKM yang ada di stand Kota Tangerang terdapat satu UMKM yang dikontrak, yaitu limbah kayu dan bunga perca selama satu tahun dengan Prancis dan tiga tahun dengan Amerika Serikat,” kata Suli, Selasa (25/10/2022).

Dia menyebut adanya antusiasme yang tinggi terhadap produk-produk UMKM yang dijajakan dalam gelaran itu lantaran kualitas dari produk Kota Tangerang memiliki daya jual yang tinggi. Raihan omzet dari gelaran tersebut pun dianggap memuaskan, meskipun event TEI sebelumnya sempat ditiadakan selama dua tahun lantaran pandemi Covid-19.

“Omzet yang didapatkan pelaku UMKM selama lima hari berlangsungnya event TEI yakni sebesar Rp192 juta,” tuturnya. Dia berharap pada pameran-pameran TEI selanjutnya, capaian omzet bisa lebih besar.

Disperindagkop UKM Kota Tangerang, lanjut Suli, akan terus melakukan pendampingan terhadap para pelaku UMKM untuk dapat meningkatkan kapasitas dan kualitas produk-produknya. Dengan demikian, para pelaku UMKM bisa lebih maksimal dan kompetitif dalam menjajakan produknya.

“Dengan Kota Tangerang mengikuti TEI ini dapat mendekatkan kepada pelaku usaha dari dalam negeri maupun luar negeri. Saya berharap pemeran seperti tingkat nasional bisa terus dilaksanakan dan dapat menjadikan para pelaku UMKM menjadi naik kelas,” tutupnya.

Diketahui, pameran TEI 2022 resmi dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo di ICE BSD, Tangerang pada Rabu (19/10) lalu dengan mengusung tema ‘Strengthening Global Trade for Stronger Recovery’. TEI yang digelar pada 19—23 Oktober 2022 digadang menjadi ajang pertemuan bisnis untuk meningkatkan ekspor dalam negeri. “Kita harapkan dengan Trade Expo Indonesia ke-37, mendorong surplus neraca perdagangan pada masa-masa mendatang,” kata Jokowi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement