Selasa 25 Oct 2022 20:16 WIB

Ibu Brigadir J: Kumaafkan Kamu yang Membunuh Anakku dengan Keji

Seluruh keluarga Brigadir J berharap Eliezer jujur mengungkap kebenaran.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Ilham Tirta
Terdakwa kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J,  Richard Eliezer bersiap menjalani sidang pemeriksaan saksi di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jakarta, Selasa (25/10/2022). Dalam sidang tersebut, jaksa penuntut umum (JPU) menghadirkan sebanyak 12 saksi dari pengacara, keluarga Brigadir J dan kekasihnya diantaranya Kamarudin Simanjuntak, Samuel Hutabarat, Rosti Simanjuntak, Marezal Rizky, Yuni Artika hutabarat, Devianita Hutabarat, Novitasari Nadea, Rohani Simanjuntak, Sanggah Parulian, Rosline Emika Simanjuntak, Indrawanto Pasaribu, dan Vera Mareta Simanjuntak. Republika/Thoudy Badai
Foto:

Samuel Hutabarat, ayah dari Brigadir J, pun menyampaikan pemaafan serupa terhadap Bharada RE. Samuel meminta agar Bharada RE dapat memberikan harapan baik kepada keluarga Brigadir J dengan berani mengungkap kebenaran dan berkata sejujur-jujurnya atas rangkaian peristiwa pembunuhan Brigadir J tersebut.

“Coba lihat saya Nak (Bharada RE). Kamu harus berani berkata jujur. Saya minta di persidangan selanjutnya, di depan hakim yang mulia ini, kamu (Bharada RE) berkata dengan kejujuran, Tuhan melihat kamu,” kata Samuel.

Roslin Simanjutak, bibi kandung Brigadir J, pun mengatakan yang sama. Dengan emosi, dan tangisan tertahan, adik dari Samuel itu meminta agar Bharada RE mengambil kesempatan untuk menebus dosa-dosa sebagai perampas nyawa Brigadir J dengan menyampaikan kebenaran di persidangan.

“Kamu, Eliezer, sudah membunuh anak kami (Brigadir J). Tiga peluru yang kau tancapkan ke tubuh anak kami, itu sangat keji dan sadis. Kami memaafkan kamu. Dan kami meminta kejujuran kamu, Eliezer. Itu saja harapan kami terhadap kamu, Eliezer,” ujar Roslin.

Roslin menyampaikan kepada Bharada RE, tak lagi perlu takut dengan Ferdy Sambo, maupun Putri Candrawathi. Justeru, kata dia, fakta kebenaran dan kejujuran yang diharapkan terungkap dari pengakuan Bharada RE akan menyelamatkan dirinya dari ketakutan itu.

Pun juga dapat mengungkapkan apa yang sebenarnya terjadi dan apa yang sebenarnya dilakukan Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, Kuat Maruf, juga Bripka Ricky Rizal (RR). “Kejujuran kamu, Eleizer, yang akan menyelamatkan diri kamu sendiri. Hanya kejujuran kamu yang menolong kamu. Hanya kejujuran kamu yang dapat memaafkan kamu,” kata Roslin.  

Sebelas anggota keluarga Brigadir J itu terbang dari Jambi ke Jakarta untuk hadir langsung ke persidangan lanjutan atas terdakwa Bharada RE. Para keluarga itu, termasuk calon isteri Brigadir J, Vera Simanjutak yang turut memberikan kesaksian. Mereka hadir atas ajuan Jaksa Penuntut Umum (JPU). Pengacara Kamaruddin Simanjuntak juga dihadirkan menjadi saksi pelapor.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement