Senin 24 Oct 2022 14:30 WIB

Jokowi Tinjau IKN di Penajam Paser Utara pada Selasa

Selain ke IKN, Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Kota Samarinda.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Presiden Joko Widodo (Jokowi) duduk di depan tenda usai memimpin seremoni ritual Kendi Nusantara di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022).
Foto: ANTARA/HO/Setpres-Agus Suparto
Presiden Joko Widodo (Jokowi) duduk di depan tenda usai memimpin seremoni ritual Kendi Nusantara di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, SAMARINDA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan mengunjungi lokasi pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur pada Selasa (25/10/2022). Saat ini, IKN sedang dalam pelaksanaan konstruksi, baik di kawasan inti IKN maupun infrastruktur pendukungnya.

"Selain melakukan kunjungan ke IKN, Bapak Jokowi juga direncanakan mengunjungi dua lokasi di Kota Samarinda," ujar Kepala Penerangan Korem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN), Kapten Cba Yudhar saat memberikan pengarahan kepada wartawan tentang tata tertib peliputan presiden di Makorem 091/ASN, Kota Samarinda, Senin (24/10/2022).

Dua lokasi di Kota Samarinda yang akan dikunjungi Jokowi adalah Kantor Pos Samarinda dan Pasar Segiri untuk memantau langsung harga pasar pangan. Berdasarkan jadwal sementara, kedatangan Jokowi ke Kaltim dimulai dari tiba di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan.

Selanjutnya presiden menuju ke kawasan IKN untuk mengecek sejumlah pembangunan di lokasi itu sekaligus memberikan sejumlah arahan. Masih di dalam kawasan IKN, Jokowi juga dijadwalkan mengunjungi Pusat Persemaian Modern IKN di Kelurahan Mentawir, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara.

Di lokasi persemaian itu merupakan cikal bakal pembangunan IKN dengan konsep kota hijau (green city). Di lokasi, banyak bibit tumbuhan endemik Kalimantan yang disemai. Dari Pusat Persemaian Modern IKN, Jokowi dan rombongan akan bertolak ke Kota Samarinda menggunakan helikopter yang direncanakan mendarat di Stadion Segiri.

Dari Stadion Segiri, Jokowi dijadwalkan melanjutkan perjalanan ke Kantor Pos, dilanjutkan kunjungan ke Pasar Segiri. Kemudian kembali ke Stadion Segiri guna melanjutkan perjalanan ke Bandara Sepinggan menggunakan helikopter.

Sementara di Kota Samarinda, persiapan pengamanan untuk menyambut kedatangan Jokowi sudah dilakukan sejak beberapa hari lalu, antara lain pada Sabtu (22/10/2022), Korem 091/ASN menggelar rapat koordinasi (rakor) yang dipimpin Danrem 091/ASN Brigjen Dendi Suryadi dan Kasrem 091/ASN Kolonel Inf Khabid Mahfud.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement