Rabu 19 Oct 2022 10:36 WIB

Ganjar Secara Terbuka Akhirnya Nyatakan Siap Maju Sebagai Capres

Ganjar Pranowo mengaku siap maju sebagai capres di Pemilu 2024.

Rep: Nawir Arsyad Akbar, Haura Hafizhah/ Red: Nashih Nashrullah
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Ganjar Pranowo mengaku siap maju sebagai capres di Pemilu 2024
Foto: Republika/Bowo Pribadi
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Ganjar Pranowo mengaku siap maju sebagai capres di Pemilu 2024

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjadi salah satu nama dengan elektabilitas tertinggi yang digadang menjadi calon presiden (capres) pada 2024. Menjawab peluang tersebut, dia menyatakan siap untuk bangsa dan negara.

"Kalau untuk bangsa dan negara apa sih yang kita tidak siap," ujar Ganjar lewat keterangannya yang diterima Republika.co.id, Rabu (18/10/2022). 

Baca Juga

Setiap anggota partai politik, jelas Ganjar, harus siap ketika memang diusung sebagai capres. Orang-orang terbaiklah yang pasti dipilih oleh partai untuk mengikuti kontestasi nasional tersebut. 

"Ketika partai sudah membahas secara keseluruhan dan dia akan mencari anak-anak bangsa yang menurut mereka terbaik, menurut saya semua orang mesti siap soal itu," ujar Ganjar. 

Kendati demikian, dia menekankan pentingnya etika politik ketika seorang kader bernaung dalam sebuah partai. Dalam hal ini baginya adalah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). 

"Sebagai etika politik tentu saja kami sangat menghormati, satu PDI Perjuangan sebagai partai saya, dua relasi yang dibangun oleh partai-partai yang sekarang sedang berbincang," ujar Ganjar. 

"Dan yang kedua tentu terkait dengan realitas yang ada di survei dan kemudian semua orang memperbincangkan. Kan suara rakyat juga tidak boleh diabaikan," sambungnya. 

Karenanya untuk saat ini, dia memilih untuk memberikan kesempatan kepada partai politik untuk berkomunikasi dalam menentukan capresnya. Dialog dan komunikasi itu diyakininya menciptakan keputusan terbaik.  

"Realitas survei yang memang itu ada, maka biarkanlah kita kasih kesempatan kepada partai yang menentukan untuk mereka berdialog. Mereka berkomunikasi untuk mengambil yang terbaik, simpel kan," ujar Ganjar.

Partai Nasdem resmi mendeklarasikan Anies Rasyid Baswedan sebagai calon presiden (capres) untuk pemilihan presiden (Pilpres) 2024. Partai yang dipimpin oleh Surya Paloh itu mengamanatkan kepada Anies untuk membangun karakter bangsa Indonesia.

"Tugas utama Bung Anies nantinya melihat kembali sejauh mana nilai harkat dan martabat nilai kehidupan kebangsaan kita yang sudah berhasil untuk diteruskan, yang belum berhasil untuk diperbaiki. Pikiran-pikiran moderat ini yang ditawarkan oleh Nasdem," ujar Surya di Kantor DPP Partai Nasdem, Jakarta, Senin (3/10/2022).

Anies Baswedan yang juga mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengaku siap untuk menjadi calon presiden (Capres) di Pilpres 2024 dan berjalan beriringan bersama Partai Nasdem. Ia juga akan hadapi apa pun tantangannya untuk mencapai niat baiknya sebagai pemimpin bangsa. 

"Bang Surya dan teman-teman di Nasdem mengajak kami untuk berjalan bersama meneruskan pembangunan di republik ini, memperbaiki yang kurang, menuntaskan yang belum, dengan memohon ridho Allah SWT, dengan segala kerendahan hati, bismillah kami terima dan siap menjawab tantangan itu," kata Anies saat konferensi pers 'Deklarasi Capres Partai Nasdem' melalui zoom pada Senin (3/10/2022). Anies sendiri sebelumnya mengaku siap menjadi capres untuk Pilpres 2024. Kesiapannya tersebut diungkapkannya sebulan sebelum ia lengser dari jabatannya sebagai orang nomor satu di Jakarta.   

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement