Senin 10 Oct 2022 08:54 WIB

Banjir Landa 94 Titik di Trenggalek Akibatkan Kerusakan Infrastruktur

Wilayah terdampak banjir dan tanah longsor bertambah dari enam jadi 12 kecamatan.

Warga menggendong anaknya melintasi jalan yang terendam banjir di Desa Ngadirenggo, Trenggalek, Jawa Timur, Sabtu (8/10/2022).
Foto: ANTARA/Destyan Sujarwoko
Warga menggendong anaknya melintasi jalan yang terendam banjir di Desa Ngadirenggo, Trenggalek, Jawa Timur, Sabtu (8/10/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, TRENGGALEK--Banjir dan tanah longsor yang terjadi di sejumlah wilayah kecamatan di Kabupaten Trenggalek, Provinsi Jawa Timur, berdampak pada lingkungan permukiman. Selain itu, banjir dan tanah longsor juga menyebabkan kerusakan prasarana seperti jalan dan jembatan.

"Total ada 94 titik banjir dan longsor yang memicu sejumlah kerusakan pada infrastruktur jalan, jembatan, maupun permukiman warga," kata Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (PBBD) Kabupaten Trenggalek Tri Puspita Sari di Trenggalek, Senin (10/10/2022).

Baca Juga

Menurut dia, wilayah yang terdampak banjir dan tanah longsor dalam sepekan terakhir bertambah. Yakni, dari enam kecamatan menjadi 12 kecamatan.

Banjir dilaporkan melanda bagian wilayah Kecamatan Trenggalek, Pogalan, Karangan, Gandusari, Kampak, dan Panggul, menyebabkan permukiman warga tergenang dan jembatan di Kelurahan Kelutan rusak parah. "Warga bersama petugas sudah memasang larangan melintasi jembatan di Kelurahan Kelutan," kata Tri Puspita.

Banjir yang terjadi akibat luapan air sungai setelah hujan deras pada Sabtu (8/10/2022) menyebabkan lingkungan permukiman tergenang. Sehingga, mengganggu aktivitas warga di wilayah kecamatan yang terdampak.

Pemerintah daerah mendirikan dapur umum untuk menyediakan makanan bagi warga yang rumahnya terdampak banjir. Menurut data BPBD, hujan deras juga menyebabkan tanah longsor di 74 titik di Kecamatan Panggul, Bendungan, Dongko, Watulimo, Suruh, Munjungan, Kampak, dan Pule.

Tanah longsor menyebabkan kerusakan rumah warga dan beberapa prasarana di wilayah-wilayah kecamatan tersebut. Tri Puspita mengatakan bahwa dampak banjir dan tanah longsor yang terjadi kali ini lebih parah jika dibandingkan dengan bencana alam yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya.

"Alhamdulillah tidak ada laporan korban jiwa dalam bencana banjir dan longsor kemarin. Namun masyarakat kami imbau untuk tetap berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan, utamanya jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi," kata Tri Puspita.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement