Selasa 04 Oct 2022 19:35 WIB

Megawati: Saya Bilang ke Pak Jokowi, Sistem Pertahanan Kita Kok Maju Mundur?

Megawati usul Presiden Jokowi ajak Panglima TNI dan 3 Matra bicara postur pertahanan.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Teguh Firmansyah
Megawati hadir di Seskoal, Selasa (4/10/2022), untuk menberikan kuliah umum.
Foto: istimewa
Megawati hadir di Seskoal, Selasa (4/10/2022), untuk menberikan kuliah umum.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden RI Kelima, Megawati Soekarnoputri, menilai Indonesia harus membangun kekuatan pertahanannya atas cara pandang geopolitik. Hal itu disampaikan Megawati Soekarnoputri saat memberikan kuliah umum di Seskoal, Selasa (4/10).

Megawati mengusulkan agar Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak panglima TNI dan tiga matra angkatan di TNI untuk duduk bersama membahas bagaimana postur pertahanan RI ke depan, dikaitkan dengan cara pandang geopolitik.

Baca Juga

"Negara kita adalah negara archipelago terdiri dari kepulauan dan laut yang menutupi kita menjadi sebuah perekat dari negeri kita. Saya juga bilang sama Pak Jokowi. Pak Jokowi, sistem pertahanan kita kok istilahnya maju mundur. Siapa yang sebenarnya yang utama?" kata Megawati, Selasa (4/10).

"Kalau saya minta, kumpulkan semua. Ini yang namanya gotong royong, musyawarah untuk mufakat. Bagaimana untuk masa depan pertahanan kita," imbuhnya.

Megawati mengatakan, peran dan sejarah tiap angkatan sama pentingnya. Namun untuk postur pertahanan TNI ke depan, sebaiknya perlu dibahas lebih mendalam secara bersama di bawah arahan Presiden Jokowi dengan mengingat Indonesia negara archipelago.

Selain itu, Megawati juga sempat berbicara panjang soal persoalan geopolitik dunia saat ini seperti perang Rusia-Ukarina; konflik di Timur Tengah; ketegangan di Semenanjung Korea; dan juga persoalan di Laut Cina Selatan.

Menurut dia, dengan melihat berbagai perspektif ancaman, ia mempertanyakan kesiapan kekuatan pertahanan Indonesia dalam menghadapi berbagai persoalan geopolitik tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement