Kamis 22 Sep 2022 16:25 WIB

Alasan Mengapa Anies Siap Nyapres Direspons Serius Elite Parpol

Partai-partai akan memperhatikan gerak-gerik politik Anies menjelang Pemilu 2024.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah menyatakan dirinya siap menjadi capres jika ada parpol yang mengusungnya di Pilpres 2024. (ilustrasi)
Foto:

Pada hari ini, pendiri Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Saiful Mujani memaparkan hasil simulasi pasangan calon presiden dan calon wakil presiden yang disurvei ke masyarakat. Bila pasangan calonnya tinggal dua, dan Puan dipasangkan sebagai calon wapres dengan calon presiden Prabowo, melawan pasangan Anies-AHY, maka persaingannya akan sangat ketat.

"Bila pasangan calonnya hanya dua, Prabowo-Puan 38 persen, Anies-AHY 36,5 persen," kata Saiful, Kamis.

Dan apabila duet ini benar terjadi, Saiful Mujani menilai, peluang Anies masih cukup terbuka untuk memenangkan Pilpres 2024. Alasannya, Saiful menjelaskan, bahwa selama ini Prabowo lebih banyak dikenal oleh publik dibanding Anies.

"Jika posisi kedikenalan sama (tahu Puan, Prabowo, Anies, dan AHY), prospek pasangan Anies-AHY lebih bagus dibanding pasangan Prabowo-Puan," ujarnya.

Sebab ia menjabarkan, posisi kedikenalan, Anies-AHY didukung 48,5 persen sementara Prabowo-Puan 35,8 persen. Sisanya menyatakan belum tahu.

Jatuhnya posisi Puan di cawapres Prabowo, menurut Saiful tak lepas dari PDIP yang tidak merestui pencalonan Ganjar, namun nama Puan yang tetap didorong. Ia melihat nama Puan masih dianggap sulit memenangkan pilpres, baik di posisi calon presiden maupun calon wakil presiden.

“Puan Maharani dipasangkan dengan siapa pun tidak cukup membantu PDIP untuk memastikan partai ini akan kembali memiliki presiden nanti,” jelasnya.

Survei SMRC dilakukan secara tatap muka pada 5-13 Agustus 2022. Populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Dari populasi itu dipilih secara random (stratified multistage random sampling) 1.220 responden. Response rate sebesar 1.053 atau 86 persen. Margin of error survei dengan ukuran sampel tersebut diperkirakan sebesar ± 3,1 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen (simple random sampling).

 

photo
Anies Siap Menjadi Calon Presiden 2024 - (infografis republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement