Kamis 22 Sep 2022 14:49 WIB

Kadin NTT: Penerbangan Kupang-Darwin Dibuka Mulai April 2023

Kadin menyebut pembukaan rute Kupang-Darwin akan meningkatkan perekonomian.

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Penumpang berjalan menuju pesawat di bandara El Tari Kupang, NTT. Kadin menyebut pembukaan rute Kupang-Darwin akan meningkatkan perekonomian. Ilustrasi.
Foto: Antara/Kornelis Kaha
Penumpang berjalan menuju pesawat di bandara El Tari Kupang, NTT. Kadin menyebut pembukaan rute Kupang-Darwin akan meningkatkan perekonomian. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, KUPANG - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Nusa Tenggara Timur menyatakan per April 2023 mendatang rute penerbangan Kupang-Darwin resmi dibuka. Pembukaan rute ini dilakukan guna meningkatkan perekonomian di NTT.

"Saya baru dapat informasi lanjutan soal hasil ini, setelah sebelumnya kami sempat ke Darwin untuk berbicara terkait rencana itu," kata Ketua Kadin NTT Bobby Lianto di Kupang Kamis (22/9/2022).

Baca Juga

Ia mengatakan, sudah ada maskapai penerbangan yang sudah siap untuk membuka rute penerbangan tersebut, yaitu Trans Nusa. Jenis pesawatnya adalah pesawat Airbus dan manajemen TransNusa sudah menyetujui hal tersebut serta sudah ada kesepakatan.

Bobby menilai jika rute itu sudah dibuka tentunya masyarakat yang akan ke Darwin tidak perlu lagi ke Denpasar. Mereka cukup berangkat dari Kupang saja dengan waktu penerbangan juga lebih cepat.

 

Kepala Dinas Perhubungan NTT Isyak Nuka dihubungi terpisah mengapresiasi upaya dari Kadin NTT yang menjadi motor penggerak dibukanya rute penerbangan itu. "Namun, pada dasarnya MoU-nya baru akan dilakukan pada November 2022 mendatang," katanya ketika dimintai keterangan soal akan resmi dibukanya rute penerbangan tersebut.

Isyak mengatakan, saat ini sedang ada pembicaraan lagi dengan satgas Covid-19 terkait penunjukan bandara El Tari Kupang sebagai lokasi pintu masuk. Sebab selama ini entri point-nya hanya ada di bandara I Gusti Ngura Rai Denpasar Bali, mengingat saat ini masih pandemi Covid-19.

"Jika ini sudah semuanya resmi beroperasi maka penerbangan perdana pada April 2023 nanti," ujar dia.

Pemerintah NTT mengapresiasi kerja keras dan kerja cerdas dari Kadin NTT yang tidak lama lagi akan segera diwujudkan. Menurut dia, pemerintah NTT perlu kerja sama dengan semua pihak terkait pembangunan di NTT termasuk dengan sudah adanya pesawat khusus kargo intra NTT yang sudah beroperasi.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement