Rabu 21 Sep 2022 17:42 WIB

Pameran Kriyanusa 2022 Dibuka, Hadirkan Produk Kriya dari Seluruh Indonesia

Pameran ini selain mengembangkan industri kriya juga budaya nasional.

Rep: gumanti awaliyah/ Red: Hiru Muhammad
Setelah dua tahun absen karena pandemi Covid-19, pameran Kriyanusa Kerajinan Nusantara kembali dihelat di Hall A Balai Sidang JCC mulai 21 hingga 25 September 2022.  Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Wury Ma'ruf Amin mengungkap, pameran Kriyanusa 2022 menjadi perwujudan nyata bahwa produk kriya dalam negeri masih mampu bangkit dan eksis
Foto: ANTARA/Hafidz Mubarak A
Setelah dua tahun absen karena pandemi Covid-19, pameran Kriyanusa Kerajinan Nusantara kembali dihelat di Hall A Balai Sidang JCC mulai 21 hingga 25 September 2022. Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Wury Ma'ruf Amin mengungkap, pameran Kriyanusa 2022 menjadi perwujudan nyata bahwa produk kriya dalam negeri masih mampu bangkit dan eksis

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Setelah dua tahun absen karena pandemi Covid-19, pameran Kriyanusa Kerajinan Nusantara kembali dihelat di Hall A Balai Sidang JCC mulai 21 hingga 25 September 2022. Mengusung tema "Semangat Bertahan Perajin Berdaya Saing" pameran ini seolah menjadi sinyal kebangkitan industri kriya di Indonesia.

Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Wury Ma'ruf Amin mengungkap, pameran Kriyanusa 2022 menjadi perwujudan nyata bahwa produk kriya dalam negeri masih mampu bangkit dan eksis. Ia juga optimistis, pameran ini bisa menjadi ruang strategis dalam mempromosikan produk-produk kriya dari berbagai daerah di Indonesia.

Baca Juga

"Tema acara sangat sesuai dengan kondisi saat ini. Seperti yang diketahui kita melewati dua tahun yang menantang selama pandemi, ini jadi ujian buat kita semua terutama perajin kriya. Momen ini harus dimanfaatkan sebagai ajang promosi," kata Wury dalam sambutannya, Rabu (21/9/2022).

Wury menjelaskan, pandemi telah mengubah banyak hal tak terkecuali industri kriya. Karena itu, dia meminta perajin kriya untuk terus berinovasi, kreatif, dan meningkatkan daya saing produk.

 

"Kunci daya saing itu kita harus kreatif. Produknya juga harus berkualitas, proses produksi efisien, ramah lingkungan, berbasis budaya atau tradisi masing-masing daerah. Dengan demikian, perajin bisa bikin karya unik, sesuai selera pasar namun harganya tetap terjangkau," kata Wury.

Ia kemudian mengajak masyakarat untuk mengunjungi pameran Kriyanusa 2022, dan turut mendukung gerakan bangga produk Indonesia. "Saya juga minta dukung gerakan bangga produk Indonesia. Gerakan ini menjadi antisipasi persaingan pasar global," kata Wury.

Ketua harian Dekranas, Tri Tito Karnavian, mengatakan, kegiatan pameran ini merupakan wujud nyata pengembangan usaha kriya sekaligus melestarikan budaya seluruh Indonesia. Setidaknya ada 147 peserta pameran yang datang dari berbagai daerah di Indonesia. Selain itu ada juga 13 stan dari kementerian, 15 stan dari asosiasi yayasan, 13 stan sponsor, dan 13 stan dari peserta mandiri.

Pameran Kriyanusa Kerajinan Nusantara 2022 dibuka secara resmi oleh Pembina Dekranas, Iriana Jokowi. Dalam kesempatan tersebut, hadir juga Wakil Ketua Harian I Dekranas Loemongga Agus Gumiwang dan jajaran pengurus Dekranas lainnya.

 

 

 

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement