Selasa 20 Sep 2022 11:26 WIB

Ribuan Warga Padati Bursa Kerja yang Diadakan di Mall Taman Palm

Pemkot Jakbar mengadakan job fair kedua kalinya yang diikuti 40 perusahaan.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Warga mencari informasi lowongan pekerjaan saat pelaksanan job fair di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, Rabu (27/7/2022).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Warga mencari informasi lowongan pekerjaan saat pelaksanan job fair di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, Rabu (27/7/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ribuan warga yang sedang mencari kerja memadati bursa kerja (job fair) di Mall Taman Palem, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat (Jakbar), Selasa (20/9/2022). Mereka datang ke lokasi kegiatan yang digelar Suku Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Energi Jakbar sejak pukul 09.30 WIB.

Ketika mereka mulai berdatangan, pintu mal bahkan belum dibuka. Saat pintu pusat perbelanjaan dibuka sekitar pukul 10.00 WIB, ribuan warga itu langsung berlari masuk ke dalam mal dan berbaris di pintu masuk gerai bursa kerja yang ada ruangutama.

Umumnya mereka membawa map, tas hingga peralatan lain yang dibutuhkan untuk melamar pekerjaan. Salah satu pelamar kerja bernama Asmianti mengaku, sudah menunggu di lokasi sejak pukul 09.00 WIB.

Dia datang bersama temannya dari Kembangan untuk melamar kerja melalui bursa kerja ini. "Saya dapat kabar dari berita online sama informasi di IG (Instagram). Makanya saya datang ke sini," kata Asmianti saat ditemui di lokasi, Selasa.

Asmianti yang merupakan lulusan SMK, berharap, bursa kerja yang diadakan Pemerintah Kota (Pemkot) Jakbar itu bisa menjadi jawaban baginya untuk mendapatkan penghasilan dan kehidupan yang lebih baik lagi. "Saya rencana mau daftar ke retail-retail aja. Atau apa saja yang bisa terima saya, saya mau," katanya.

Hingga pukul 10.09 WIB, pintu masuk ke gerai bursa kerja belum dibuka dan warga masih berbaris rapi. Tercatat ada puluhan perusahaan yang berlokasi di DKI Jakarta ikut dalam kegiatan bursakerja ini.

"Ada 40 perusahaan yang terdaftar akan bergabung dalam kegiatan job fair," kata Kepala Seksi Pelatihan, Penempatan, Produktivitas dan Transmigrasi pada Suku Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi (Sudin Nakertrans) dan Energi Jakbar, Yasil Farabi.

Mayoritas perusahaan yang mendaftar bergerak di bidang retail dan berlokasi di wilayah Jakbar. Sebelum terdaftar, Yasil bersama jajarannya sudah menyeleksi perusahaan tersebut demi memastikan perusahaan yang tergabung dalam kondisi sehat secara keuangan.

Bursa kerja ini merupakan kali kedua diadakan Suku Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Energi Jakbar, setelah sebelumnya sukses digelar di Mall Season City pada Selasa (2/8/2022). Saat perhelatan bursa kerja pertama, puluhan ribu pencari kerja mendatangi lokasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement