Jumat 16 Sep 2022 13:56 WIB

Setelah Lengser Anies Baswedan Leluasa Bergerak Sebagai Capres 2024

Setelah lengser jadi Gubernur DKI Jakarta Anies akan leluasa.

Rep: muhammad subarkah/ Red: Muhammad Subarkah
Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan melakukan kunjungan kerja Singapura untuk menerima anugerah Lee Kuan Yew Exchange Fellow (LKYEF) ke-72
Foto: @aniesbaswedan
Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan melakukan kunjungan kerja Singapura untuk menerima anugerah Lee Kuan Yew Exchange Fellow (LKYEF) ke-72

REPUBLIKA.CO.ID, Aktivis dan pengamat politik, Syahganda Nainggolan, mengatakan lengsernya Anies Baswedan dari kursi Gubenur DKI Jakarta, bulan depan, menjadi berkah bagi dia. Hal itu akan memberikan keleluasaan untuk bergerak sebagai calon Presiden 2024. Anies mulai saat itu tidak lagi terikat pada kepatutan birokrasi dan pemerintahan yang membatasi geraknya hanya pada lingkup jabatannya.

"Sebagai orang bebas, Anies bisa berkampanye ke seluruh Indonesia. Anies akan mempunyai waktu yang semakin banyak untuk mempersiapkan diri sebagai pemimpin Indonesia masa depan. Dia bisa melakukan perenungan dan pemikiran tentang bagaimana memajukan Indonesia di masa depan. Dia juga bisa membuat konsep bagaimana Indonesia diperbaiki jika dia ditakdirkan sebagai pemimpin pada 2024,” kata Syahganda di Jakarta, Jumat (16/9/2022).

Pimpinan di Lembaga Kajian Publik Sabang Merauke Circle itu menyatakan, Anies tidak saja mempunyai banyak waktu untuk berpikir tentang Indonesia di masa depan, tetapi dia pun bisa berkeliling ke pelosok Tanah Air untuk makin memperbesar elektabilitas dirinya dan menyerap aspirasi dan kehendak rakyat.

Menurut Syahganda, Anies sampi kini selalu berada di tiga besar survei, tanpa dia minta dan tanpa dia menjadi pejabat partai. “Bisa dibayangkan betapa besarnya kekuatan Anies jika dia melakukan pengenalan diri ke daerah-daerah,” kata alumnus ITB dan Doktor UI tersebut yang meyakini akan kemampuan Anies untuk mengubah Indonesia menjadi lebih baik.

Sementara itu, ketika ditanya Reuters di Singapura, Anies untuk pertama kalinya secara resmi menyatakan dia siap untuk bertarung merebut kursi Presiden pada tahun 2024. Meskipun dia mengakui bahwa sampai saat ini belum ada partai yang secara resmi mencalonkannya. “Saya belum mempunyai tiket, tetapi siap jika ada partai yang mencalonkan,” kata Anies.

Dia berterima kasih atas survei–survei yang menyebutkan dia selalu berada di tiga besar. Dia mengaku tidak pernah menyuruh dan meminta para lembaga survei itu berbuat untuk kepentingan dirinya. “Alhamdulillah saya selalu berada di tiga besar,” katanya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement