Senin 12 Sep 2022 15:22 WIB

Akun Twitter TNI AD Dipenuhi Gambar Penguin, Dispenad Bantah Ada Peretasan

TNI AD sedang mengubah alamat email yang digunakan untuk akun Twitter itu.

Rep: Flori Sidebang/ Red: Teguh Firmansyah
Akun Twittter TNI AD dipenuhi gambar penguin.
Foto: Tangkapan Layar Twitter
Akun Twittter TNI AD dipenuhi gambar penguin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Akun Twtter TNI AD dipenuhi gambar penguin. Pantauan Republika.co.id dari kicauan pada 25 Agustus 2022 pukul 22.19, akun resmi itu mengunggah gambar maupun video yang tidak terkait dengan aktivitas TNI AD. Unggahan akun tersebut didominasi oleh promosi situs Pudgypeguins.com.

"Happy Pudgyversary! Read more about our additional Pudgy Penguins Season 2 Airdrop here," tulis akun  yang diikuti lebih dari 425 ribu pengguna Twitter itu.

Baca Juga

Terakhir akun tersebut mengunggah acara TNI yakni pada 25 Agustus pukul 18.29. Artinya setelah itu akun berisi kicauan penguin.

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat (Kadispenad), Kolonel Arh Hamim Tohari membantah akun Twitter resmi TNI Angkatan Darat @tni_ad diretas. Hamim mengatakan, saat ini pihknya sedang meningkatkan keamanan akun tersebut dan melakukan perubahan data sesuai permintaan pihak Twitter.

"Untuk alasan keamanan di tengah ramainya isu peretasan data instansi maupun pejabat oleh hacker yang saat ini terjadi, kami sedang meningkatkan keamanan akun Twitter official kami dengan melakukan perubahan data sesuai permintaan pihak Twitter," kata Hamim di Jakarta, Senin (12/9/2022).

Hamim menjelaskan, TNI AD sedang mengubah alamat email yang digunakan untuk akun Twitter tersebut. Sebab, jelas dia, saat akun @tni_ad dibuat pertama kali tidak menggunakan email dinas. Sehingga pihak Twitter meminta TNI AD untuk menggunakan email dari dinas matra angkatan darat itu.

"Saat ini pihak Twitter masih dalam proses verifikasi data-data yang diperlukan, dan mudah-mudahan proses ini segera selesaikan sehingga akun Twitter official TNI AD akan kembali operasional secara normal," ungkap dia.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement