Senin 12 Sep 2022 14:05 WIB

Menimbang Nama-Nama Bakal Calon Penjabat Pengganti Anies Baswedan

DPRD DKI Jakarta menggelar rapat pimpinan gabungan memilih nama penjabat gubernur.

Tampilan jendela bidik Gubernur DKI Jakarta sekaligus Co-chairs U20 Anies Baswedan memberikan keterangan pers usai penyerahan U20 Communique di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (31/8/2022). Anies bulan depan akan mengakhiri masa tugasnya sebagai gubernur DKI Jakarta. (ilustrasi)
Foto:

Adapun, Ketua Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta, Achmad Yani, menjelaskan, pihaknya sudah menyiapkan tiga nama untuk diusulkan dalam rapimgab mendatang. Menurutnya, tiga nama itu terdiri dari Sekda Marullah, Kasatpres Heru Budi Hartono dan Dirjen Polpum Kemendagri Bahtiar.

“Kita udah ada usulan calon yang akan kita bahas di rapimgab,” kata Yani.

Ditanya nama lainnya seperti Kepala Staf Kepresidenan bidang Informasi dan Komunikasi Juri Ardiantoro, Yani tak menampiknya. Meski demikian, nama tersebut dinilainya juga masih dalam peninjauan fraksi.

“Pak Juri masih dalam kajian juga,” katanya.

Yani menjelaskan, kriteria yang diusung PKS harus netral, profesional dan memenuhi persyaratan administrasi. Dia menyebut, dari semuanya, pengalaman dalam memimpin di daerah juga menjadi poin penting untuk melanjutkan Anies Baswedan sebagai pemimpin sementara DKI.

“Tapi semuanya kan kita serahkan kepada pak presiden, kita hanya mengusulkan,” ucapnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Rani Mauliani mengatakan, pembahasan usulan di rapimgab itu akan melibatkan semua pimpinan fraksi di DPRD. Karenanya, dia menyarankan para ketua fraksi sudah memiliki setidaknya tiga nama yang akan diusulkan dalam rapimgab.   

Rani menjelaskan, belum ada jadwal pasti gelaran rapimgab, walaupun tinggal beberapa hari batas akhir pengiriman usulan nama ke pemerintah pusat, “Info dari ketua dewan, akan dibahas melalui rapimgab. Tapi nanti melihat mekanisme dari kemendagri dulu,” kata Ketua Fraksi Gerindra DPRD DKI Jakarta itu.

Berdasarkan pendapatnya, calon Pj harus memahami keadaan Jakarta secara menyeluruh. Ditanya calon nama Pj dari Fraksi Gerindra, Rani tak mau menjawabnya.

“Tapi misal nanti setelah sepakat dengan teman-teman Gerindra, akan kita sampaikan di rapimda. Karena isunya kan banyak, ada Pak Bahtiar, Pak Heru dan Pak Sekda,” katanya.

Meski demikian, Rani menegaskan, nama-nama yang disebutnya itu, belum masuk ke dalam usulan Gerindra. “Bukan, itu yang beredar,” jelasnya.

In Picture: Pembangunan Ruang Publik di DKI Jakarta

photo
Warga melintas di Terowongan Kendal yang merupakan salah satu ruang publik di Dukuh Atas, Jakarta, Sabtu (10/9/2022). Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta gencar membangun ruang publik di Ibu kota guna meningkatkan interaksi antarwarga dan sebagai destinasi alternatif. - (ANTARA/Hafidz Mubarak A)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement